Semarakkan Ramadhan, FM2P Plampang Gelar Berbagai Lomba

oleh -37 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (24/4/2021)

Bulan Ramadhan 1442 H di Kecamatan Plampang dijadikan momen untuk menumbuhkembangkan syiar Islam serta mengembangkan minat dan bakat para pemuda setempat. Kegiatan tersebut diinisiasi Forum Muda Mudi Pamunga (FM2P). Di antaranya menggelar Lomba Adzan, Baca Ayat Pendek, Cerdas Cermat, Pidato dan Lomba Taqbiran.

Ketua Panitia Penyelenggara, Desi Yulianti melaporkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan rutin selama Bulan Suci Ramadhan. Ratusan peserta ambil bagian dalam kegiatan ini baik anak-anak maupun orang dewasa. Kegiatan ini dipusatkan di Balai Pertemuan Olat Rora Dusun Pamunga.

“Pengumuman dan hadiah bagi pemenang akan disampaikan pada malam Takbiran,” jelas Mahasiswi Universitas Islam Alauddin Negeri Makassar ini.

Penasehat FM2P Desa Usar Kecamatan Plampang, Burhanuddin menyebutkan, program rutin Ramadhan tahun ini cukup semarak karena melibatkan semua unsur yang tergabung dalam FM2P. Menariknya para pelajar dan mahasiswa asal Pamunga yang menempuh pendidikan di luar daerah, semua pulang kampung dan terlibat menyukseskan kegiatan ini.

Selain menyemarakan Ramadhan, ungkap Bur—sapaan pria yang juga berprofesi sebagai jurnalis ini, juga untuk menumbuhkan-kembangkan bakat dan minat generasi muda, serta memberikan ruang berkreasi bagi masyarakat. Tentunya kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protocol kesehatan secara ketat.

“Kita tetap optimis dan bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa. Tidak ada halangan bagi orang yang berpuasa untuk tetap berkreasi dan berinovasi. Karena itu kegiatan positif harus dilakukan selama momen ramadhan ini,” ujarnya.

Baca Juga  Siswa SMP-SMA Ramaikan Inspiring Camp di BUER

Ia mengakui suasana ramadhan tahun ini cukup berbeda. Banyak momen factual yang mengharukan, menyedihkan, menyenangkan dan berbagai rasa di tengah pandemic Covid, yang menantang nurani kemanusiaan. “Saya kira, hal-hal seperti ini perlu diceritakan, dituturkan, dan didokumentasikan, untuk menjadi catatan sejarah peradaban manusia selanjutnya,” ulas Burhanuddin.

Sementara Ketua BPD Desa Usar Kecamatan Plampang, Muhammad Sidik, SH mengaku bangga dengan gerakan para pemuda dan pemudi desanya yang tergabung dalam FM2P selalu aktif dalam gerakan social, kemanusiaan dan keagamaan. Ia menilai merekalah yang menjadi cikal bakal pemimpin masa depan.

Sebagai Ketua BPD, Sidik berjanji akan memperjuangkan anggaran untuk pemuda melalui Dana Desa. Sebab kiprah pera pemuda tersebut sudah terbukti dan memberikan manfaat bukan hanya bagi masyarakat dan desanya, tapi juga masyarakat lainnya yang tertimpa musibah. (BUR/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.