Bupati KSB Tetap Yakin Amman Mineral Bangun Smelter

oleh -20 views

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (16/4/2021)

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM menyebutkan pertemuan dengan Gubernur dan Manajemen PT. AMNT untuk membahas kelanjutan pembangunan smelter merupakan inisiatifnya sendiri yang mengusulkan harus ada evaluasi terkait progresnya. Ini bentuk tanggung jawab sebagai kepala daerah, tempat beroperasinya perusahaan tersebut.

Ditemui samawarea.com di Masjid Agung Darussalam, Bupati jkuga mengatakan selain memastikan progress smelter, juga mengevaluasi apa yang belum dan sudah diselesaikan. Seperti Hak Guna Bangunan (HGB) sampai saat ini masih berproses.

Kalau kewenangan daerah atas HGB sudah dituntaskan, tapi untuk HGB yang menjadi kewenangan provinsi dan pusat sampai saat ini masih dalam proses. “Makanya kita minta agar proses ini dipercepat agar pembangunan smelter tidak terkendala,” kata Firin—sapaan Bupati KSB ini.

Ketika semua proses administrasi sudah dituntaskan baik di daerah, provinsi dan pusat, pihaknya bisa mendorong Amman Mineral untuk mempercepat pembangunan Smelter.

“Sekarang kita keras dengan AMNT justru membuat kita malu, sebab kewajiban kita sebagai pemerintah belum selesai dilaksanakan.  Selesaikan dulu kewajiban kita agar kita bisa teriak sekeras-kerasnya kepada perusahaan, sehingga hasil dari pertemuan dengan Gubernur akan terus mendorong percepatan pemenuhan kewajibannya. Kemungkinan dalam waktu dekat akan selesai, begitu juga dengan kewengan pusat kita bersama Gubernur akan terus mendorong agar kewajibannya cepat diselesaikan,” ujar Firin.

Baca Juga  Dirjen Perbendaharaan Nobatkan Sumbawa Sebagai Kabupaten Terbaik

Hingga kini Bupati Firin masih sangat yakin smelter dibangun AMNT. Sebab Bupati mengaku melihat perusahaan itu sangat maksimal dalam mengupayakan membangun Smelter. Selain itu progresnya sangat bagus jika dibandingkan dengan Freeport.

Sementara Head Coorporate and Communication Amman Mineral, Kartika Oktaviana yang dihubungi via Whatsapp menyatakan Amman Mineral sangat serius untuk membangun Smelter. Karena sampai saat ini progress pembangunan terus meningkat meski dalam kondisi Covid.

“Kami terus menyesuaikan sehingga target kami untuk tahap awal ini bisa dicapai, inilah bentuk komitmen kami. Kalau masalah tenaga kerja karena ini adalah proyek besar jadi butuh perencanaan yang matang, hal-hal terperinci seperti tenaga kerja kami sudah mulai petakan,” jelasnya. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb