Latih Kemampuan Komunikasi Mahasiswa, CDC UTS Gelar Communication Skills Training

oleh -40 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (15/4/2021)

Dewasa ini kemampuan komunikasi menjadi sangat dibutuhkan hampir di semua bidang, baik saat perkuliahan, magang, KKN, mencari kerja, berbisnis, bahkan untuk melamar S2. Kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu tolak ukur yang diuji.

Menyadari hal tersebut Career Development Center (CDC) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) mengadakan webinar dengan tema Communication Skill Training, Kamis (15/4/2021).

Kegiatan tersebut dimentori oleh pemateri Risma Kusumanendra yang merupakan CEO Cristal Indonesia-Manajemen Yogyakarta, yang telah berpengalaman di bidang pelatihan public speaking secara nasional.

Kegiatan Communication Skills ini adalah pelatihan yang dirancang khusus untuk mahasiswa agar mampu berinteraksi dengan banyak orang, sehingga menghasilkan kecakapan persuasi dan menghindari resistensi dalam menyampaikan pesan yang dimaksud dengan mudah. Di samping meyakinkan dan diterima oleh lawan bicara.

Kegiatan ini juga ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan, perubahan sikap, pembentukan perilaku serta kebiasaan-kebiasaan positif dari para peserta pelatihan.

Kegiatan yang dilaksanakan via Zoom Meeting ini dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Sumber Daya Manusia, Abdul Hadi Ilman SE., MPP.

Dalam sambutannya Ia menyampaikan tentang pentingnya komunikasi dalam perkembangan 21st century skills. Disebutkannya, ada 4C yang dibutuhkan di era sekarang, yakni Critical Thinking, Collaboration, Communications, and Creativitiy.

“Melalui kegiatan Communication Skills ini diharapkan mahasiswa mampu menganalisis dan menggali kebutuhan teknik komunikasi yang tepat, terampil dalam berkomunikasi, memiliki kepercayaan diri dalam menyampaikan materi kepada audience, dan sebagainya,” tutur Warek yang akrab Ia disapa Ilman ini.

Baca Juga  Semarakkan Ramadhan, FM2P Plampang Gelar Berbagai Lomba

Untuk diketahui Communication Skill Training ini diikuti 87 peserta. Para peserta ini tidak hanya dari mahasiswa UTS, tetapi juga dari universitas lainnya di NTB seperti civitas STIKES Kusuma Bangsa Mataram. Rangkaian kegiatan pelatihan berjalan lancar dan sukses. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb