Bangun Smelter, Amman Mineral Belum Berikan Rincian Kebutuhan Naker ke Pemerintah

oleh -53 views

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (14/4/2021)

Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) kembali memberikan harapan kepada masyarakat bahwa akan segera membangun Pabrik Pengolahan Emas (Smelter) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Namun sampai saat ini perusahaan tersebut belum memberikan rincian kebutuhan karyawan yang akan membangun Smelter baik konstruksi ataupun skill pengoperasiannya.

“Kita sangat berharap AMNT bisa segera memberikan kita kebutuhannya supaya kita bisa menyiapkan tenaga kerja lokal kita, di samping itu kita juga membuat analisis kebutuhan tenaga kerja untuk smelter sebagai gambaran awal dalam menyusun program nantinya,” ungkap Kepala Dinas Ketenagakerjaan KSB, H. Muslimin kepada media ini, kemarin.

Dalam rekrutmen tenaga kerja Smelter, kata Haji Muslimin, tetap menggunakan sistem satu pintu yaitu Disnaker KSB untuk menjamin hak-hak masyarakat pencari kerja.

Dalam rekrutmen nantinya tetap berharap untuk yang non skill diambil seluruhnya dari lokal KSB. Demikian juga dengan tenaga skill jika memenuhi syarat akan diutamakan dari local KSB.

Mengenai kesiapan tenaga lokal dalam pembangunan konstruksi, Muslimin mengaku sangat siap. Hampir semua desa telah memiliki tenaga kerja konstruksi. Sebab bangunan Smelter tidak jauh berbeda dengan pekerjaan tukang yang sering membangun rumah.

“Kapanpun dibutuhkan kami sediakan, lain halnya dengan tenaga pengoperasian Smelter tentu butuh skill khusus sehingga kita akan buat program pelatihan skill sesuai kebutuhan smelter, dengan target pengoperasian 2023. Jadi kita masih punya banyak waktu untuk kita siapkan,” ujarnya.

Baca Juga  Tahun Ini, Dinas Sosial Sumbawa Dapat Jatah 200 Unit Rutilahu

Head Coorporate and Communication Amman Mineral, Kartika Oktaviana telah dihubungi via WA. Namun hingga berita ini dipublish, belum memberikan jawaban terkait alasan Amman Mineral belum memberikan rincian kebutuhan tenaga kerja dan komitmen perusahaan itu dalam menyiapkan tenaga kerja lokal menghadapi pembangunan Smelter. (HEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb