Cegah Pemadaman di Bulan Ramadhan, PLN Sumbawa Gelar Pasukan dan Peralatan

oleh -78 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (12/4/2021)

PT PLN (Persero) UP3 Sumbawa memastikan tidak ada pemadaman listrik akibat gangguan di wilayah kerjanya selama Bulan Ramadhan 1442 H. Untuk memastikannya, PLN setempat melaksanakan Gelar Pasukan dan Peralatan, Senin (12/4/2021) pagi.

“Pasukan dan peralatan penunjang harus dipastikan siap jika sewaktu-waktu terjadi gangguan, sehingga bisa ditangani dengan segera,” kata Manager UP3 Sumbawa, Irwanto Wahyu Kusumo, usai memimpin Gelar Pasukan di Halaman Kantor PLN UP3 Sumbawa.

Gelar pasukan dan peralatan tersebut ungkap Irwanto—sapaan pejabat ramah ini, rutin digelar setiap ada event penting. Kini menjelang Ramadhan dan siaga Lebaran, kesiapan yang sama harus dilakukan di semua ULP dari Taliwang Sumbawa Barat sampai Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa. “Ini untuk memastikan besok kita kerja, semuanya sudah siap baik pasukan maupun peralatannya sudah bagus,” ujarnya.

Ia mengakui, sangat sensitif jika pemadaman itu terjadi di Bulan Ramadhan, terutama saat berbuka dan sahur. Untuk itu dipastikan tidak ada pemadaman terencana karena pemeliharaan dalam Bulan Ramadhan. Namun dia tidak bisa menghindari adanya pemadaman karena faktor lain, seperti cuaca dan pohon tumbang yang menyebabkan rusaknya jaringan.

Kerusakan inilah yang ditangani pasukan yang siap setiap saat menanganinya dengan cepat agar listrik kembali menyala dalam waktu segera. “Para personil yang digelar hari ini standby dalam waktu 24 jam, bukan hanya di Kota dan sekitarnya tapi juga menjangkau daerah-daerah kepulauan,” tandasnya.

Baca Juga  Warga Buin Pandan Aksi Damai, Desak Tambang Galian C Ditutup

Disinggung mengenai pasokan atau kapasitas daya yang ada, Irwanto menyebutkan masih surplus. Interkoneksi sistem Sumbawa—Bima mencapai 123 MW, sedangkan beban puncak hanya 104 MW. “Kita masih memiliki cadangan sekitar 20 MW. Jadi secara sistem kita masih aman,” pungkasnya. (SR/**)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb