Galang Dana Bencana Banjir Bima, ini Hasil Satgas Pramuka Kwaran Plampang

oleh -42 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (9/4/2021)

Satgas Pramuka Kwartir Ranting Plampang melakukan aksi galang dana di beberapa titik wilayah Kecamatan Plampang dan sekitarnya. Dalam aksi tersebut, Satgas Pramuka Peduli Kwaran Plampang berhasil mengumpulkan uang jutaan rupiah yang kemudian diwujudkan dalam bentuk sembako, minyak goreng, mie instan, masker, susu, sabun mandi, sabun cuci, buku tulis, dan beras.

Selain uang, Satgas juga mengumpulkan pakaian layak pakai dan beras. Kemudian hasil penggalangan dana ini diserahkan kepada korban banjir di Kabupaten Bima, Jumat (9/4/2021).

Ketua Pelaksana Kegiatan, Erni Asmianti Ningsih S.Pd kepada Samawarea Biro Sumbawa Timur, mengatakan, penggalangan dana ini dilakukan selama 5 hari, yakni 3–7 April 2021 melibatkan 30 anggota Pramuka Kwartir Rating Plampang. Meliputi Satgas Pramuka Peduli tergabung Pramuka SMA, SMK, Madrasah dan AMP di Kecamatan Plampang. Kemudian Dewan Kerja Kwartir Ranting Plampang, tergabung dari Ambalan Pramuka Jaran Pusang SMAN 1 Plampang dan Ambalan Bala Cucuk SMKN 1 Plampang.

Ia mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian sesama dalam meringankan beban masyarakat yang terkena musibah. “Kami melakukan aksi ini sebagai bentuk penerapan poin-poin dalam dasadarma pramuka, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, serta rela menolong dan tabah,” kata Erni.

Sementara Lulu Sartika Saputri  selaku Wakil Dewan Kerja Ranting (DKR) Kwartir Ranting Plampang menyebutkan, seluruh anggota pramuka gabungan SMA, MA, SMK, dan SMP sangat antusias dalam melakukan kegiatan ini.

Baca Juga  Data Kemiskinan di KSB Masih Belum Jelas

“Semua bisa turun aksi ke lapangan dalam penggalangan dana atau donasi di beberapa wilayah di Kecamatan Plampang dan sekitarnya, lalu hasil diserahkan ke posko untuk dihimpun dan dijadikan barang. Barang ini disortir untuk persiapan penyaluran bersama-sama ke tempat tujuan,” ujarnya.

Aksi Kemanusiaan ini ungkapnya, dilakukan dalam rangka membantu meringankan beban korban terdampak banjir di Bima. “Sembako, buku tulis, masker, makanan siap saji, beras, pakaian bekas layak pakai dan  sebagainya untuk mayarakat korban banjir Kabupaten Bima,” jelas Lulu. (SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb