Kondisi Jalan Menuju Kecamatan Batulanteh Desa Baturotok

oleh -238 views

Oleh: Anti (Mahasiswa Sosiologi IISBUD Samawa Rea)

OPINI, samawarea (3/4/2021)

Sebelumnya kita mungkin sudah mengetahui bagaimana jalan menuju kampung-kampung di atas sana. Jalan yang begitu bisa dibilang ekstrim sekali, sehingga membuat orang susah untuk mengakses jalan tersebut.

Kami di sini sebagai generasi muda ingin sekali merubah dan meminta partisipasi dari pemerintah untuk bisa membantu memperbaiki jalan tersebut. Karena sudah puluhan tahun jalan tersebut masih seperti biasanya belum ada pergerakan sama sekali.

Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini lumpur menjadi alasan yang sangat tragis bagi mereka yang melewati jalan itu sendiri. Setiap perjalanan selalu mengisahkan air mata karena tak sanggup untuk melihat jalan yang begitu jelek sekali.

Kami ingin sekali merasakan jalan yang bagus layaknya seperti jalan-jalan yang menuju kampung yang lainnya. Apalagi semenjak truk masuk ataupun hardtop membuat jalan semakin becek ditambah lagi hujan yang tiada henti-hentinya membuat jalan semakin rusak.

Pengendara sepeda motor merasa kesulitan dalam berjalan karena kondisi jalan yang begitu adanya. Ditambah lagi saat menyeberangi sungai yang kadang-kadang airnya begitu besar sehingga membuat kendaraan mereka harus diangkat dan meminta bantuan orang agar kendaraanya bisa diseberangi.

Bisa direnungi begitu sulitnya perjalanan yang mereka alami saat itu bahkan sampai sekarang pun hal-hal seperti itu sering terjadi di jalan.

Baca Juga  Peduli Korban Kebakaran Batu Rotok, Mo-Novi Distribusikan Bantuan

Semoga ada tinjauan dari pemerintah untuk memperbaiki jalan tersebut. Karena sudah sekian tahun dijanjikan oleh pemerintah untuk memperbaiki jalan tersebut tapi sampai sekarang belum ada hasilnya.

Dari Sumbawa sampai punik jalannya sudah di aspal tapi setelah Punik sampai ke Baturotok jalannya sungguh mengerikan apalagi dilalui oleh orang yang belum pernah sama sekali ke sana mungkin mereka trauma bukan hanya  jalan rusak tapi juga dikelilingi oleh jurang-jurang.

Lalu, bagaimana nasib orang yang telah menjadi bagian atas sana mereka mau tidak mau harus melewati jalan ekstrem itu karena itu satu-satunya cara agar mereka bisa mncapai tujuannya.

Misalnya yang dari Baturotok ke Sumbawa, dan sesulit apapun jalan itu bagi mereka sudah terbiasa walaupun sakit tapi itulah yang sebenarnya terjadi.

Tapi semoga saja di tahun ini pemerintah bisa menempati janjinya untuk memperbaiki jalan tersebut karena waktu itu pemuda-pemuda dari desa atas sana sempat pergi ke kantor DPR untuk mendiskusikan tentang bagaimana Bupati Sumbawa bisa bekerja sama dengan pemerintah yang ada di pusat.

Karena kami sebagai pemuda generasi bangsa menginginkan yang terbaik untuk ke depannya nanti, bukan hanya sekedar ingin tampil di depan publik tapi kita hanya ingin jalan menuju desa kami bisa disamakan dengan jalan-jalan ke desa yang lain.

Kami anak rantau jauh dari keluarga. Kami ingin sekali pulang ke kampung halaman tapi karena kondisi jalan yang begitu ekstrim membuat kami takut untuk pulang.

Baca Juga  PT SJR Hasilkan 60 Ribu Ons Emas Per Tahun

Kami berharap pemerintah segera bertindak untuk memperbaiki jalan menuju Kecamatan Batulanteh. Semoga pemerintah ringan tangan untuk hal itu. (*)

dukacita dukacita bankntb