Puluhan Pengendara Disuntik Vaksin di Atas Sepeda Motor

oleh -80 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (30/3/2021)

Sejumlah pengendara roda dua dan roda empat yang melintas di Jalan Hasanuddin depan Mapolres Sumbawa, dicegat jajaran Polres setempat, Selasa (30/3) sore. Ini dilakukan bukan untuk pemeriksaan surat-surat dan kelengkapan berkendara, ataupun dilakukan swab antigen sebagaimana yang lazim selama ini.

Namun tindakan polisi tersebut merupakan kegiatan vaksinasi covid-19 secara drive thru dalam rangka mendukung program vaksinasi pencegahan penyebaran Covid-19 oleh pemerintah.

Dalam kegiatan ini, puluhan pengendara kendaraan bermotor divaksin. Pengendara yang melintas dan bersedia untuk divaksin, langsung didata. Untuk kemudian divaksin oleh petugas.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pjs. Bupati Sumbawa, Ir. Muhammad Husni, M.Si., Kapolres Sumbawa, AKBP. Widy Saputra, S.IK., MH., Kadis Dikes Sumbawa, Drs. H. Didi Darsany, Apt., pimpinan BUMN Cabang Sumbawa, serta jajaran Polres Sumbawa.

Ditemui usai kegiatan, Pjs. Bupati Sumbawa, Ir. Muhammad Husni, M.Si., mengucapkan terimakasih atas inovasi yang dilakukan Polres Sumbawa. Guna mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga  Amankan Idul Fitri, Polres Sumbawa Gelar Operasi Ramadniya Gatarin

“Karena vaksinasi ini penting. Tujuannya untuk mempercepat upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ini,” ujar Husni, seraya berharapĀ kegiatan ini dapat kembali menormalkan perekonomian di tengah masyarakat.

Kadis Dikes Sumbawa, Drs. H. Didi Darsany, Apt menambahkan, untuk kegiatan satu hari itu, pihaknya menyiapkan sekitar 20 sampai 30 dosis vaksin bagi masyarakat. Adapun mekanismenya tetap seperti pelaksana vaksin biasa. Hanya penerima vaksin tidak harus turun dari kendaraan. Kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan di atas kendaraan. Terakhir, dipantau aktivitas pasca vaksin selama 30 menit.

Dijelaskan, masyarakat yang divaksin ini sebelumnya diberikan penjelasan sebelum divaksin. Masyarakat yang sudah divaksin juga dimintai datanya, guna pemberian vaksin tahap kedua.

Kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan. Paling tidak akan dilakukan sekali dalam seminggu. Nantinya, akan dilakukan kegiatan vaksinasi massal, seraya menunggu ketersediaan vaksin. Rencananya, vaksinasi massal akan dilaksanakan pada 3 April mendatang.

Baca Juga  Polres Sumbawa Siapkan Penembak Jitu dan Anti Teror

Dalam hal ini, Sumbawa masuk kategori zona biru vaksinasi. Sebab, progres vaksinasinya sangat cepat. Targetnya sudah melebihi 80 persen. Sebenarnya, Kabupaten Sumbawa membutuhkan vaksin lebih banyak. Namun, karena vaksin yang didistribusikan diatur oleh Pemprov NTB, sehingga vaksinnya disisihkan guna kegiatan vaksinasi biasa, vaksinasi drive thru dan terakhir vaksinasi massal.

Sementara itu, Kapolres Sumbawa, AKBP. Widy Saputra, S.IK., MH. mengatakan, kegiatan ini bukti bahwa kepolisian turut serta menyukseskan program pemerintah guna memutus penyebaran mata rantai Covid-19.

“Segala upaya kami lakukan. Agar target yang harus dicapai, masyarakat Sumbawa harus tervaksinasi. Ini salah satu bentuk upaya saja. Bagaimana bentuk metodenya, kita melihat situasi dan kultur budaya masyarakat Sumbawa,” pungkasnya. (SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *