Komisi II Minta Bulog Terus Serap Gabah Petani di KSB

oleh -63 views

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (5/3/2021)

Komisi II DPRD Sumbawa Barat berharap Perum Bulog terus melakukan pemantauan harga sekaligus meningkatkan penyerapan gabah petani di Sumbawa Barat. Ini harus dilakukan Bulog untuk memastikan harga gabah petani sesuai HPP.

“Kami apresiasi apa yang sudah dilakukan Bulog selama beberapa pekan terakhir. Terutama bagaimana mengamankan harga gabah petani sesuai HPP,” jelas Ketua Komisi II DPRD KSB, Aheruddin Sidik, SE., ME, belum lama ini.

Aher akrab politisi PKPI ini disapa menjelaskan, Bulog hadir di Sumbawa Barat saat petani memasuki musim panen. Hanya cakupan wilayah atau areal panen baru di satu atau beberapa kecamatan.

“Saat ini, baru petani Kecamatan Brang Rea dan beberapa kecamatan lain yang memasuki musim panen. Dalam satu atau dua minggu ke depan, baru mayoritas kecamatan di KSB memasuki musim panen. Namun trend harga gabah saat ini terus mengalami penurunan. Karena itu kami meminta Bulog bersama dinas teknis terus melakukan pemantauan,” harapnya.

SKPD tehnis, terutama Dinas Pertanian diminta memaksimalkan peranan penyuluh pertanian. Ini penting agar mengingat penyuluh bersentuhan langsung dengan petani. “Kami juga harap penyuluh ini dibekali pengetahuan. Untuk bisa dibeli sesuai HPP, penyuluh kami minta sosialisasikan ke petani tentang standar yang harus dipenuhi, seperti kadar air dan lain sebagainya,” ingatnya.

Sosialisasi seperti ini dinilai sangat penting, sehingga petani juga memahami standar baku tentang pembelian gabah sesuai HPP. “Jangan sampai petani hanya didiinformasikan soal HPP, tapi standar gabah untuk dibeli sesuai HPP tidak diberitahu. Nanti bisa menimbulkan polemik baru, ini yang harus diantisipasi,” katanya, seraya menegaskan Komisi II secara kelembagaan siap membantu jika diperlukan turun mendampingi ke masyarakat (petani) sebagai tanggungjawab sebagai wakil rakyat dan sektor pertanian juga menjadi bidang pengawasan Komisi II. (HEN/SR)

 

dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Stok Sembako di Mataram Aman dan Harga Pasar Stabil