PAN Sumbawa Gelar Musda, Ketua Dipilih Melalui Musyawarah

oleh -149 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (26/2/2021)

Setelah cukup lama Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sumbawa dijabat pelaksana tugas (Plt), kini partai berlambang matahari terbit itu melaksnakan Musyawarah Daerah (Musda) V Tahun 2021.

Bertempat di Kantor DPD PAN Sumbawa Komplek Panto Daeng, Jumat (26/2), Musda untuk memilih pengurus baru yang definitif ini dibuka secara virtual OLEH Ketua Umum PAN, H. Zulkifli Hasan.  Hadir pada kegiatan yang menerapkan protocol kesehatan secara ketat ini adalah sejumlah pengurus DPD dan DPC PAN Sumbawa, serta anggota Fraksi PAN DPRD Sumbawa dan para simpatisan.

Plt. Ketua DPD PAN Sumbawa, Muhammad Jabir, SH., MH., kepada wartawan mengatakan, mekanisme pemilihan kali ini berbeda dari sebelumnya. Karena pola pemilihannya menggunakan mekanisme musyawarah. Ini berdasarkan perintah dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN. “Tidak ada pemilihan seperti sebelumnya. Mekanismenya berubah mengikuti pola pemilihan pemimpin di Muhammadiyah,  karena kita lahir hari rahim Muhammadiyah. Jadi melalui mekanisme musyawarah,” ujar Jabir sapaan akrabnya.

Lanjut Jabir, tim formatur telah terbentuk dan dipilih oleh DPP. Jumlahnya ada 9 orang terdiri dari empat anggota Fraksi PAN, sisanya dari unsur pengurus harian. Tim ini nantinya yang akan melaksanakan musyawarah serta menyusun pengurus secara keseluruhan, termasuk memilih ketua.

Jika musyawarah pemilihan ketua ini tidak membuahkan hasil, ungkap Jabir, maka akan dipilih ditunjuk langsung oleh DPP. “Jika tidak ada hasil di musyawarah, maka dipilih oleh DPP. Jadi semua berpeluang menjadi ketua. Biar orang luar partai pun bisa,” tandasnya, seraya menyatakan bahwa melalui Musda tersebut DPP PAN meminta seluruh Kader untuk bekerja kompak dan bekerja keras mempersiapkan diri menghadapi pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang.

Baca Juga  Diplomat 9 Negara Belajar Kerukunan Beragama di Sumbawa

Sementara informasi yang berkembang, muncul dua kandidat yang dijagokan untuk memimpin PAN Sumbawa. Adalah Muhammad Jabir SH MH dan Achmad Fachry SH. (SR)

 

dukacita dukacita bankntb