Reses Anggota DPRD Dapil V, Siap Lindungi Pedagang Kecil dari Gempuran Toko Berjejaring

oleh -82 views

DPRD PARLEMENTARIAN, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (25/2/2021)

Hasil Reses I DPRD Sumbawa yang dilaksanakan anggotanya terutama di Daerah Pemilihan (Dapil) V meliputi Kecamatan Badas, Unter Iwis dan Batu Lanteh, memiliki kesamaan aspirasi dengan daerah pemilihan lainnya di Kabupaten Sumbawa. Kesamaan ini terkait usulan di bidang fisik, sosial budaya, pariwisata, dan ekonomi.

Secara garis besar masyarakat setempat mengusulkan pembangunan dan perbaikan prasarana jembatan, drainase, pengamanan tebing turap/talud/bronjong, pembangunan infrastruktur jalan di masing-masing kecamatan dan desa, termasuk jalan lingkungan baik produk lapen ataupun rabat beton serta paving blok.

Kemudian pembangunan jalan usaha tani dan saluran irigasi pertanian untuk menunjang kebutuhan para petani. Hal ini terungkap dalam laporan Hasil Reses Anggota DPRD Dapil V yang disampaikan juru bicaranya, Sri Wahyuni, S.AP pada Sidang di DPRD Sumbawa, Selasa (23/2) kemarin.

Fisik lainnya adalah perbaikan prasarana pendidikan pada masing-masing tingkatan dari TK/PAUD sampai SMP baik kebutuhan pembangunan lokal baru, rehab gedung, pembangunan perpustakaan, atap dan pagar untuk menunjang proses belajar mengajar.

Berikutnya, pembangunan dan perbaikan prasarana kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih optimal kepada masyarakat. Penyediaan sumber air bersih untuk kebutuhan harian masyarakat maupun penyedian sumber air untuk kebutuhan pertanian petani serta dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya. Pembangunan dan perbaikan rumah ibadah baik masjid maupun mushollah untuk kenyamanan dalam menjalankan perintah agama, serta bantuan bedah rumah bagi masyarakat miskin.

Baca Juga  Kantor Presiden Jokowi Sambut Baik Kehadiran SMSI

Anggota DPRD di Dapil V juga sangat memberikan perhatian kepada masyarakat kecil yang berprofesi sebagai petani, pedagang, pertukangan, peternakan dan nelayan. Sebab dari reses itu ungkap Sri Wahyuni, mereka mengakomodir aspirasi terkait pengadaan alat mesin pertanian (Alsintan) menjadi kebutuhan prioritas petani maupun mesin ketinting dan rumpon bagi para nelayan.

Usulan lainnya, pengadaan rombong bagi pedagang kecil di pinggir jalan serta perlindungan usaha pedagang retail eceran dari gempuran hegemoni atau monopoli toko modern berjejaring. Pengadaan alat pertukangan dan perbengkelan, penggiling dan penggoreng kopi guna menggerakkan lokomotif ekonomi di desa. Pengadaan ternak, katering, alat cukur listrik dan perlengkapan salon, dan bantuan pemberdayaan kerajinan tangan. “Insya Allah kami perjuangkan untuk bisa diakomodir melalui APBD,” demikian Sri Wahyuni, politisi Partai Demokrat ini.

Untuk diketahui, anggota DPRD Sumbawa dari Dapil V adalah Ida Rahayu, S.AP (Fraksi PAN), Dra.Saidatul Kamila Djibril (Fraksi PDI Perjuangan), Hamzah Abdullah (Fraksi Gerindra), Indradiawan, S.Pd. (Fraksi PKS), Junaidi (Fraksi PPP) dan Sri Wahyuni, S.AP. (Fraksi Demokrat). (SR)

dukacita dukacita bankntb