Pemda KSB Tutup Paksa Empat Alfamart

oleh -1.584 views

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (25/2/2021)

Prilaku pengusaha toko modern, Alfamart kembali menjadi perhatian masyarakat. Pasalnya ada empat gerai toko modern milik PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang nekat membuka usahanya di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) meski tanpa mengantongi izin.

Keempat gerai ini berada di Desa Tapir, Kelurahan Menala samping POM Munawir, Kelurahan Kuang Jalan TGH Zainuddin Abdul Madjid dan Desa Tepas. Sejumlah gerai ini ditutup secara paksa oleh Pemerintah Daerah KSB, Kamis (25/2). Sebelumnya Indomart juga ditutup paksa.

Pantauan samawarea.com, Kepala DPMPTSP, Kepala Diskoperindag dan Camat Seteluk, bersama anggota Satpol PP, turun  menyampaikan pemberitahuan kepada karyawan toko. Sebelum dilakukan penyegelan menggunakan spanduk bertulis “Disegel”, karyawan toko diberikan waktu satu jam untuk membereskan barangnya, serta dilarang membuka toko sebelum terbitnya izin operasional.

Kepala Dinas Perijinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) KSB, Tajuddin menegaskan bahwa penutupan dan penyegelan dilakukan, mengingat empat gerai tersebut belum mengantongi Izin Usaha Toko Modern (IUTM). “Belum ada ijinnya. Saya katakan belum, karena belum ada permohonan itu di meja saya,” tegas Tajuddin.

Hal senada disampaikan Amin Sudiono, Kepala Diskoperindag KSB. Dia menegaskan bahwa penutupan dan penyegelan ini berlangsung sampai empat gerai tersebut mengantongi IUTM. “Selama belum ada IUTM, maka tetap kita segel. Kalau mereka paksa buka tanpa IUTM, maka kita akan segel lagi,” tandas Amin Sudiono.

Baca Juga  Tuntutan 8 Tahun Penjara untuk Pengedar Narkoba

Disebutkannya, banyak hal yang harus disepakati dalam membuka gerai baru. Selain ijin harus ada komitmen untuk memberdayakan pengusaha lokal yang siap dibina agar keberadaanya tidak mematikan usaha masyarakat di sekitarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Manager PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk areal KSB, Zainal mengaku mendapat informasi jika gerainya mengantongi izin. “Saya bagian lapangannya, ada bagian lain yang mengurus ijin. Informasi yang saya terima bahwa semua gerai sudah memiliki izin. Mungkin ini ada miskominikasi antara tim kami dengan pemerintah, ini yang kami telusuri,” pungkasnya. (SR)

dukacita dukacita bankntb