DENGAN BEASISWA NTB, MIMPI SAYA MENJADI NYATA

oleh -569 views

TESTIMONI, samawarea.com (24/2/2021)

Kuliah ke Luar Negeri adalah idaman para pemuda dan pelajar. Merupakan suatu kebanggaan bagi kami diberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di luar negeri, tepatnya di Polandia. Saya sudah melihat begitu banyak Alumni-alumni Beasiswa lulusan luar negeri, hari ini diberdayakan di berbagai bidang.

Sebagai salah satu Awardee Beasiswa NTB, saya sangat mengerti ide cemerlang dari Bapak Gubernur NTB membuat suatu program yang sangat out of the box, mengirim 1000 pelajar ke luar negeri. Bukan tanpa alasan, tapi program ini merupakan terobosan yang luar biasa.

Secara tidak langsung, Gubernur dan Wakil Gubernur NTB telah membuka Gudang investasi yang luar biasa dalam Pendidikan. Setelah saya berada di luar negeri hari ini, saya baru mengerti, kenapa China bisa menjadi salah satu negara dengan Ekonomi terbesar di dunia. Rahasianya adalah Pendidikan. Bahkan China merupakan negara teratas yang mengirimkan Mahasiswanya ke luar negeri untuk belajar.

Bahkan di kelas, saya dikejutkan ketika mengetahui ternyata bukan orang Barat yang mendominasi, melainkan orang China. Tidak hanya di kelas saya, tapi juga di Amerika Serikat, Pelajar dari China sangatlah mendominasi. Padahal jika kita lihat, kampus-kampus di China sangat luar biasa bagusnya, hanya saja kenapa mereka masih mengirim pelajar mereka keluar negeri?

Hal inilah yang membuat saya kagum pada ide Gubernur NTB untuk mengirimkan mahasiswa belajar di luar negeri. Kita mungkin bisa mendapatkan kampus yang bagus di Indonesia, kita bisa belajar di Indonesia, hanya saja ada hal penting yang tidak bisa di dapatkan, yaitu Tingkat Persaingan yang tinggi dengan mahasiswa dari berbagai negara.

Baca Juga  Peduli Lombok-Sumbawa, Jateng Salurkan Bantuan

Hal inilah yang tidak bisa kita dapatkan Ketika berada di dalam negeri. Itulah kenapa rata-rata, tingkat persaingan mahasiswa lulusan luar negeri dan dalam negeri sangat berbeda. Hanya itu saja?

Tentu tidak, hari ini investasi adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Banyak negara berlomba-lomba untuk mendapatkan investor. Negara-negara yang maju hari ini adalah negara yang dapat memperkenalkan potensi negaranya kepada negara lain. Indonesia memiliki potensi tersebut. Nusa Tenggara Barat memiliki potensi alam yang harusnya dikenal dunia. Kenapa Bali bisa maju? Jawabannya adalah Bali lebih terkenal dari Indonesia.

Rata-rata orang Eropa ketika saya bertanya, mereka mengetahui tentang Bali tapi kadang mereka tidak tahu Bali itu di mana, dan suatu saat mereka ingin mengunjungi Bali. Itulah salah satu alasan, kenapa Nusa Tenggara Barat Harus mengirimkan Mahasiswa ke luar negeri untuk memperkenalkan Potensi Alam Nusa Tenggara Barat. Alhamdulillah, banyak teman-teman di sini yang melakukan hal tersebut, mempromosikan potensi alam NTB kepada orang-orang dari berbagaimacam negara.

Bahkan saat Presentasi makalah atau tugas kami menggunakan background Nusa Tenggara Barat, dan ada beberapa teman serta Dosen yang menanyakan dan suatu saat ingin pergi ke Nusa Tenggara Barat. Dalam acara-acara festival mereka memakai pakaian adat Sasak, Samawa dan Mbojo, menampilkan tarian daerah, Presean, dan lainnya. Dan hal ini banyak mendapat pujian dan sangat menarik bagi orang Eropa.

Namun hari ini, Saya mendengar banyak sekali kritikan untuk Beasiswa NTB ini, terutama tentang apa manfaat dari Beasiswa ini. Saya hanya ingin menjawab, tidak ada hasil yang baik didapatkan secara instan. Contoh saja pengusaha seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Jack Ma dan lainnya. Mereka melewati jalan Panjang dulu, memulai usahanya dari nol dan membutuhkan waktu bertahun-tahun sehingga usahanya mendunia.

Baca Juga  NTB Tuan Rumah "Pelangi Nusantara" 2022

Program Beasiswa NTB, telah membuat mimpi banyak orang menjadi nyata, membuka mindset kita semua tentang pentingnya menempuh Pendidikan di luar negeri. Bahkan komentar dari teman-teman saya dari berbagai daerah, “kenapa ya di daerahnya tidak ada Beasiswa seperti di Nusa Tenggara Barat”.

Bahkan, Saya mendapat banyak sekali teman-teman saya dulu Ketika di Kuliah S1, menanyakan tentang bagaimana cara mendaftar Beasiswa NTB. Hal ini menandakan bahwa tingkat antusias Pelajar di NTB untuk melanjutkan studi itu sangatlah besar. Beasiswa NTB ini menjadi jalan untuk meraih mimpi dan menjadi salah satu program yang layak untuk disupport. Program Beasiswa NTB ini adalah Program yang paling cocok untuk pemuda, mencetak para cendikiawan muda.

Beberapa Alumni dari Program ini sudah diterima bekerja di suatu perusahaan, mengembangkan bisnisnya, menjadi Dosen di Universitas, bahkan ada yang melanjutkan Pendidikannya dengan mengambil program Doktor di Polandia. Bagi saya ini adalah terobosan yang luar biasa dari Pemprov NTB. Dan saya senantiasa berharap Beasiswa NTB ini akan terus digalakkan oleh Pemerintah Provinsi NTB, karena program ini memiliki banyak sekali peminat terutama oleh para pemuda. (*)

Muhammad Rivani Gunawan

(Mahasiswa S2 Polandia, Master of International Economics, Nicolaus Copernicus University (NCU)

#BeasiswaNTB
#beasiswaindonesia

dukacita dukacita bankntb