Stres Lihat Jagung Digerogoti Hama, Seorang Petani Minum Racun

oleh -486 views

DOMPU, samawarea.com (13/2/2021)

Burhanuddin (36) warga Dusun Tompo, Desa Soritatanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, memilih mengakhiri hidupnya dengan menenggak racun serangga. Jalan pintas yang tak pantas ini dilakukannya lantaran stress melihat tanaman jagung di ladangnya terus digerogoti hama tikus dan babi.

Kapolres Dompu melalui Paur Subbag Humas, AIPTU Hujaifah dalam keterangan persnya, menyebutkan, kisah tragis tersebut terjadi pada Hari Sabtu (13/2/21) pukul 16.30 Wita. Sebelumnya korban mengontrol sekeliling areal jagung. Setelah mengetahui tanaman jagung terancam gagal panen karena banyak yang rusak dimakan tikus dan babi, korban bersama istrinya, Maryam (34) duduk dan mengobrol di pondok jagungnya. Saat itu korban mengeluh soal tanaman jagungnya. Kepada istrinya, korban mengaku tak sanggup lagi bertani dan lebih baik mati. Mendengar ucapan itu, Maryam menenangkannya dan meminta suaminya bersabar. Saat mengobrol, keduanya duduk dengan posisi saling membelakangi.

Tak disangka oleh istrinya, rupanya korban mengobrol sembari menenggak racun serangga jenis insektisida Dupont Lannate yang dicampur dengan racun ulat merk Sidametrin. Ketika istrinya membalikkan badan, langsung histeris karena melihat suaminya pingsan dan terlentang.

Teriakan Maryam didengar Sahrul dan Lukman yang kemudian datang ke TKP membantu korban menuju jalan raya berjarak kurang lebih 500 meter. Tiba di pinggir jalan, korban dinaikan ke mobil Pick up yang kebetulan melintas untuk dilarikan ke Puskesmas Kempo. Namun di tengah perjalanan nyawa korban tak tertolong. Selanjutnya korban dibawa ke rumah orang tuanya, Syamsuddin di Dusun Baru, Desa Ta’a, Kecamatan Kempo.

Baca Juga  Marak Curi Ternak Jalur Laut, Kapolda Bantah Polairud “Tidur”

Mengetahui hal itu, Kapolsek Kempo IPTU Zuharis bersama anggotanya mendatangi rumah duka. Kapolsek menyampaikan belasungkawa dan meminta keluarga korban bersabar atas takdir Allah. Sementara pihak keluarga menerima dengan ikhlas kejadian itu sebagai sebuah musibah. Menurut keluarganya korban tertekan dengan masalah yang dialaminya, termasuk memikirkan utang modal menanam jagung. (SR)

dukacita dukacita bankntb