Banjir Bandang Terjang Dua Kecamatan di Malam Hari, Satu Meninggal Dunia

oleh -359 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (29/1/2021)

Banjir bandang menerjang wilayah bantaran sungai dan pesisir pantai di sejumlah titik wilayah Kota Sumbawa, Jumat (29/1) sekitar pukul 20.00 Wita. Tercatat ada dua kecamatan dengan 10 titik yang diterjang banjir. Yaitu di Kecamatan Sumbawa meliputi Kelurahan Samapuin, Pekat, Brang Bara, Bugis dan Kelurahan Brang Biji, dan Kecamatan Badas adalah Dusun Kali Baru, Dusun Padak, Dusun Kauman, Dusun Pasir, dan Griya Idola. Selain ratusan rumah terendam, satu orang dilaporkan meninggal dunia.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa, Muhammad Nurhidayat, ST dalam laporannya menyebutkan, banjir bandang disebabkan intensitas hujan yang cukup lebat menyusul terbentuknya awan comolunimbus di wilayah Kabupaten Sumbawa berdampak. Air mulai meluap di dua kecamatan, Badas dan Sumbawa mulai pukul 19.20 hingga 21.15 Wita.

Selain rumah terendam, BPBD mencatat satu orang meninggal dunia bernama Andre Irawan asal Desa Pasir Suren Kecamatan Palabuhan Ratu, Sukabumi Jawa Barat yang berdomisili di RT. 02 RW 05 Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa. Pria berusia 44 tahun itu sebelumnya panic dan kaget ketika air bah masuk ke rumahnya. Korban pun pingsan dan dilarikan ke RSUD Sumbawa. Selang 10 menit korban dinyatakan meninggal dunia terkena serangan jantung. Jenazah akan dikebumikan besok (Sabtu, 30 Januari 2021) dan rumah korban kini dalam proses pembersihan oleh masyarakat setempat. “Air sudah mulai surut dan hujan sudah mereda,” kata Dayat—akrab pejabat ini disapa.

Baca Juga  Cari Kelapa Jatuh, Warga Temukan Mayat di Dalam Sumur

Upaya yang dilakukan BPBD saat dan pasca banjir, ungkap Dayat, menerjunkan personil ke lokasi kejadian guna mendapatkan data korban terdampak. Rencananya akan mendroping logistik korban meninggal dunia dan korban lainnya yang terdampak banjir. Kemudian berkoordinasi dengan seluruh stakeholder dan relawan guna tanggap darurat kejadian yang sewaktu-waktu akan datang. (SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb