Sumbawa Terima 6.400 Dosis Vaksin Sinovac, Siap Disuntik 2 Februari

oleh -63 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (28/1/2021)

Kabupaten Sumbawa baru menerima 6.400 dosis Vaksin Sinovac yang didistribusikan perdana dalam pengamanan dan pengawalan ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap, Kamis (28/1) pukul 09.00 Wita. Kini Vaksin tersebut tersimpan di dalam ruangan khusus Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa.

Kepala BPOM Provinsi NTB, Drs Zulikifli A.Pt dalam keterangan persnya usai mengawal pendistribusian vaksin ke Kabupaten Sumbawa, mengatakan, pengawalan dan pengamanan kondisi vaksin telah dilakukan sejak didistribusikan dari Jakarta lalu ke Dinas Kesehatan Provinsi hingga saat ini di sejumlah kabupaten/kota di Pulau Sumbawa termasuk Kabupaten Sumbawa. BPOM harus memastikan bahwa vaksin pasca distribusi, harus tersimpan dalam ruangan yang sudah diatur dengan suhu 2—8 derajat celcius. Ia mengaku sudah memeriksa kondisi ruangan khusus di Dikes Sumbawa dan dinyatakan memenuhi syarat untuk penyimpanan vaksin. “Kami harus memastikan ruangan penyimpanan yang disiapkan kabupaten/kota yang menerima pendistribusian vaksin, sesuai persyaratan teknis. Demikian saat pendistribusian, suhu di dalam mobil tempat vaksin harus terjaga, agar mutu dan khasiatnya terjaga,” kata Zulkifli.

Sementara Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten I Sekda, Ir. H. Zulkifli menyambut baik kedatangan Vaksin Sinovac yang perdana di daerah ini. Dengan adanya vaksin ini, kegiatan vaksinasi akan segera terwujud yang direncanakan berlangsung pada 2 Februari 2021. “Insyaa Allah, saya siap divaksin,” kata mantan Kepala Disdukcapil Sumbawa ini.

Baca Juga  Gelar Acara Halal Bi Halal, Ini Harapan Gubernur NTB

Sebelum kegiatan vaksinasi ini, Ia berharap seluruh elemen untuk bersama mensosialisasikannya secara masif sehingga pelaksanaannya nanti berjalan lancar dan sukses, yang pada akhirnya nanti kekebalan tubuh masyarakat terhadap virus corona menjadi meningkat. “Saya pikir ini sosialisasi sangat penting agar masyarakat bisa menerima dan melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan sepenuh hati,” pungkasnya.

Di tempat yang sama Kadis Kesehatan Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani A.Pt mengatakan kegiatan vaksinasi akan digelar 2 Februari yang ditandai dengan pencanangan melibatkan Forkopimda. Dalam pencanangan itu nanti pihaknya juga telah menyiapkan tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan pemuda, dan perwakilan tokoh wanita untuk divaksinasi. “Walaupun rencananya untuk 10 orang ternyata yang mau ikut vaksinasi itu hampir mencapai 20 orang,” sebut Didi Darsani.

Selanjutnya ungkap Haji Didi, vaksinasi akan dilakukan terhadap tenaga kesehatan di sejumlah puskesmas. Pendistribusian vaksin ke puskesmas akan dilakukan pada Hari Minggu dan Senin mendatang. “Insyaa Allah kegiatan vaksinasi ini akan diselesaikan dalam waktu 1 bulan,” demikian Haji Didi. (SR)

bankntb DPRD DPRD