Desember 2021, Ditargetkan 70% Populasi Penduduk Sumbawa Telah Divaksinasi

oleh -36 views
Vaksin Sinovac Tahap I Tiba di Kabupaten Sumbawa, Kamis, 28 Januari 2021

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (28/1/2021)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani A.Pt mengatakan, setelah melakukan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan di sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes), vaksinasi akan menyasar TNI, Polri serta ASN yang berhubungan langsung dengan layanan masyarakat. Menurut Kadis yang akrab disapa Haji Didi ini, dalam melakukan vaksinasi terhadap masyarakat, tidak lagi melihat zona-zona apakah merah, hijau dan kuning. Harapannya, vaksinasi tersebut dapat mengkafer 70 persen dari populasi penduduk di Kabupaten Sumbawa. Ia mengakui pekerjaan itu lumayan berat. Namun diupayakan vaksinasi akan diselesaikan sampai Desember 2021. “Pada vaksinasi tahap awal ini, kami focus kepada tenaga kesehatan,” katanya.

Mengenai kesiapan sumberdaya manusia yang melakukan vaksinasi, Haji Didi menyebutkan untuk sementara ada 90 orang, termasuk masing-masing puskesmas menyiapkan 3 orang. Sumberdaya ini mulai dari tenaga yang memeriksa, mendata hingga pemberian vaksin. Tapi ketika program vaksinasi ini dilakukan terhadap masyarakat umum, kemungkinan tenaga yang disiapkan akan dilipatgandakan. “Tantangannya nanti adalah menyasar masyarakat yang berada di daerah-daerah terpencil. Masyarakat di sana tidak mungkin bisa datang ke fasilitas kesehatan karena jaraknya yang cukup jauh dengan medan yang sulit. Jadi harus dikunjungi,” ujarnya.

Disinggung efek samping vaksinasi, Haji Didi mengatakan bahwa mekanisme kerja vaksin adalah membentuk kekebalan tubuh. Tapi semua vaksin memiliki efek samping. Untuk vaksin sinovac ini akan mengalami efek local seputar lokasi penyuntikan seperti pembekakan. Kemudian efek luar local, di antaranya pegal-pegal. Namun semuanya berefek ringan. Karena itu sebelum dilakukan vaksinasi akan dilakukan screening atau pemeriksaan kesehatan terhadap sasaran. Untuk itu dibutuhkan kejujuran dari sasaran dalam memberikan keterangan kepada petugas saat dilakukan pemeriksaan. (SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Perdana di Sumbawa, Belasan Pejabat dan 3.200 Nakes Divaksin