Banjir Terjang Desa Simu dan Pemasar, 102 Rumah Terendam 

oleh -202 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (23/1/2021)

Sebanyak 102 rumah terendam dan empat sepeda motor hanyut dalam musibah banjir yang menerjang tiga dusun di Desa Simu Kecamatan Maronge, Jumat (22/1) sore pukul 15.00 Wita. Sungai Simu dan Sungai Pemasar meluap akibat hujan deras yang mengguyur selama beberapa jam.

Kades Simu, Hamsun kepada Wartawan samawarea.com Biro Sumbawa Timur, mengakui kondisi tersebut. Berdasarkan hasil pendataannya, tercatat 16 rumah di Dusun Panemung, 9 Dusun Simu dan 52 rumah terendam serta 4 unit sepeda motor di Dusun Jeliti. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Warga hanya mengalami kerugian material seperti beras dan sembako hanyut, barang elektronik dan kendaraan. Saat kejadian sebagian besar rumah dalam keadaan kosong karena ditinggalkan pemiliknya bekerja di sawah. “Kami sudah membuat laporan resmi ke Kantor BPBD Kabupaten Sumbawa agar ada penanganan lebih lanjut pasca musibah banjir ini,” aku Gabung Hamsun.

Sementara informasi lain yang diterima media ini menyebutkan, selain di Simu, banjir juga menerjang Desa Pemasar. Sebanyak 25 rumah terendam. Air juga meluap hingga meluber ke ruas jalan Negara tepatnya di KM 37—38 Desa Pemasar dengan ketinggian sekitar 50-75 cm mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas. Sedangkan di tempat berbeda, 4 sepeda motor milik warga Dusun Jeliti Desa Simu yang sempat hanyut, berhasil ditemukan warga, Sabtu (23/1) setelah menyisir bagian sisi kiri dan kanan sungai.

Baca Juga  Kapolres Sumbawa Barat Minta Maaf

Kapolsek Plampang AKP Abdul Sani bersama anggota dan pemerintah desa turun tangan membantu mengevakuasi warga yang rumahnya terkena banjir. (SR)

bankntb DPRD DPRD