HUT Kabupaten Sumbawa Digelar Sederhana dan Minimalis

oleh -102 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (21/1/2021)

Pandemi Covid-19 merubah banyak hal. Dari hal biasa menjadi tidak biasa. Ini juga terlihat pada pelaksanaan HUT Kabupaten Sumbawa ke-62, 22 Januari 2021 besok. Biasanya setiap tahun, hari jadi Tana Intan Bulaeng dirayakan secara semarak. Berbagai kegiatan digelar baik sebelum maupun saat puncak pelaksanaan. Bahkan lazimnya dilaksanakan Upacara HUT Kabupaten Sumbawa dengan mengundang para tokoh baik internal maupun eksternal (provinsi dan nasional). Namun pada HUT ke-22 kali ini, semua itu tidak dilaksanakan. “Tidak ada lagi upacara yang biasanya menghadirkan para tokoh eksternal seperti Gubernur, Anggota DPRD Provinsi, para bupati/walikota se-NTB maupun pejabat pusat. Tapi puncak HUT Kabupaten Sumbawa diganti dengan Tasyakkuran dan Doa Bersama. Ini dilakukan untuk mencegah penambahan angka covid yang terus meningkat,” kata Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Arif Alamsyah S.STP M.Si di ruang kerjanya, Kamis (21/1).

Di masa pandemic ini ungkap Arif—sapaan mantan Sekretaris Bapenda ini, peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke-62 diselenggarakan secara sederhana dan minimalis dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Pada acara tasyakuran dan doa bersama, tidak banyak yang hadir, dibatasi tidak lebih dari 50 orang. Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi tersebut dapat mengikutinya melalui video conference. Selain itu disiarkan langsung melalui akun Youtube Diskominfotik Sumbawa dan Facebook Humas dan Protokol Setda Sumbawa.

Baca Juga  Program Kerja PKK Tahun 2019 Bawa Misi NTB Gemilang

Ada beberapa rangkaian acara ini. Di antaranya penandatanganan prasasti pembangunan Pasar Seketeng dan pembangunan 2 puskesmas yang sekaligus penyerahan dua unit mobil puskesmas keliling. Khusus untuk Pasar Seketeng, dilakukan serah terima bangunan gedung yang sudah selesai dikerjakan dari kontraktor pelaksana kepada pemerintah daerah. Diharapkan setelah sosialisasi dan verifikasi lalu, Pasar Seketeng mulai beroperasi 15 Februari 2021 mendatang diiringi dengan penempatan para pedagang.

Ditambahkan Arif, rangkaian lain dari acara itu adalah penyerahan secara simbolis sepeda motor dinas operasional untuk Camat Moyo Hulu sebagai Pengelola Pajak Bumi Bangunan terbaik tahun ini. Hadiah tersebut untuk membantu peningkatan kinerja di bidang pemungutan pajak daerah. Ada juga penyerahan hadiah uang tunai bagi duta Sumbawa yang mewakili NTB di MTQ Tingkat Nasional. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD