Tahun ini, RSUD Sumbawa Berani Patok Target PAD 105 Miliar

oleh -650 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (18/1/2021)

Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diperoleh dari pelayanan RSUD Sumbawa terus mengalami peningkatan. Sejak Direkturnya dijabat dr. Dede Hasan Basri, setiap tahunnya setoran RSUD ke kas daerah tetap melebihi target. Kini Tahun 2020 mengalami peningkatan yang signifikan. Dari Rp 72 miliar yang ditargetkan, pada Tahun 2020 mencapai Rp 89,5 miliar lebih. Pembenahan dan inovasi pun terus dilakukan jajaran setempat. Sehingga tidak mengherankan, RSUD Sumbawa berani mematok target pendapatan Tahun 2021 ini mencapai Rp 105 miliar.

Direktur RSUD Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri kepada samawarea.com di ruang kerjanya, Senin (18/1/2021) mengakui target yang akan dicapai Tahun 2021 sebesar Rp 105 miliar. Target ini dinilai cukup realistis dan optimis untuk dicapai mengingat adanya pelayanan terbaru setiap tahunnya. Pada Tahun 2021 ini, RSUD Sumbawa telah menerima pelayanan pemeriksaan CT-Scan. Masyarakat Kabupaten Sumbawa maupun pasien dari kabupaten/kota lain di Pulau Sumbawa tidak perlu lagi dirujuk ke Mataram atau ke daerah lainnya hanya untuk pemeriksaan CT-Scan. Sebab belum lama ini, RSUD Sumbawa bekerjasama dengan sebuah perusahaan, untuk pengadaan peralatan senilai belasan miliar rupiah yang kini ditempatkan di bangunan RSUD Sumbawa yang berlokasi di Sering, Desa Kerato Kecamatan Untir Iwes.

Direktur RSUD Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri

Selain CT-Scan, RSUD Sumbawa juga pada tahun ini menerima pelayanan Antigen Rapid Test (ART) salah satu cara yang tengah digalakkan di Indonesia untuk melakukan deteksi dini virus corona. Pendapatan lainnya berasal dari peningkatan pelayanan. RSUD Sumbawa terus berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan adanya penambahan dokter spesialis. Saat ini RSUD Sumbawa hampir memiliki semua dokter spesialis. Bahkan dalam satu spesialisasi ada lebih dari satu dokter spesialis. Sejumlah dokter spesialis ini adalah Spesialis Anak, Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Kandungan dan Ginekologi, Spesialis Bedah, Spesialis Saraf, Spesialis THT, Spesialis Mata, Spesialis Paru, Spesialis Jantung, Spesialis Ortophedi, Spesialis Patologi Klinis, Spesialis Anestesi, Spesialis Rekam Medik, Spesialis Gigi, Spesialis Gizi dan dalam waktu dekat akan mendatangkan Spesialis Kulit dan Kelamin. Pihak RSUD juga tengah berupaya melengkapi pelayanan dengan Spesialis Urologi.

Baca Juga  Dua Perusahaan Korea Siap Berinvestasi di Kabupaten Sumbawa

Pelayanan bermutu ini telah dibuktikan dengan penghargaan yang diberikan berbagai pihak terhadap rumah sakit kebanggaan Kabupaten Sumbawa pada Tahun 2020 lalu. RSUD Sumbawa dinobatkan sebagai rumah sakit paling berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi peserta JKN—KIS Kategori Rumah Sakit Kelas C Tingkat Kantor Cabang Bima. Penghargaan ini diberikan BPJS Cabang Bima melalui Kepala Cabangnya, dr. K. Hindra Kusumo, M.Si kepada Dirut RSUD Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri, Rabu, 14 Oktober 2020 lalu. “Penghargaan ini dinilai sebagai wujud apresiasi BPJS terhadap RSUD Sumbawa atas komitmen dan konstribusi yang nyata dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN—KIS) dengan memberikan layanan kesehatan berkualitas kepada peserta JKN—KIS,” kata Dirut asli putera daerah Sumbawa ini.

Ia berharap dengan berbagai capaian yang diraih RSUD Sumbawa menjadi pemecut semangat bagi jajarannya untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. (JEN/SR/*)

bankntb DPRD DPRD