Cegah Kejahatan dan Kecelakaan, Satlantas Sumbawa Gelar Patroli Blue Light

oleh -78 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (19/1/2021)

Menciptakan situasi aman, kondusif dan mengantisipasi tindak kejahatan pada malam hari, menjadi harga mati bagi jajaran Polres Sumbawa. Karena itu setiap malam dilaksanakan patroli malam hari (blue light patroli). Seperti yang dilakukan Regu Unit Patroli Satlantas Polres Sumbawa, berkeliling sambil menyalakan lampu rotator berwarna biru. Ini dilakukan untuk mencegah gangguan keamanaan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terutama menekan kasus 3C (Curas, Curat, dan Curanmor). Selain itu menekan angka kecelakaan lalu lintas demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (Kamseltibcar Lantas), Senin (18/1/2021) malam. “Giat patroli blue light jajaran Satlantas ini difokuskan di wilayah Kota Sumbawa dan tempat-tempat rawan kecelakaan,” terang Kasatlantas, IPTU Samsul Hilal SH, Selasa (19/1/2021).

Patroli tersebut mulai dilaksanakan pukul 21.00 Wita hingga dinihari. Sejumlah tempat disambangi. Dengan menyalakan lampu rotator, ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui kehadiran polisi di sekitarnya. Demikian ketika seseorang yang berniat jahat seperti mencuri, merampas, dan menjambret, akan membatalkan niat jahatnya karena merasa keberadaan polisi yang mengamankan dan mengawasi tempat tersebut. “Jadi masyarakat merasa aman dan nyaman, karena kegiatan ini sebagai bentuk pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat pengguna jalan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, melalui patroli tersebut personil melakukan himbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat keluar rumah dan tidak berkerumun guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Mangkir, Tersangka PPKK Disnakertrans Bakal Dijemput Paksa