Dahsyat ! 12 Mahasiswa UTS Sabet Perak dan Perunggu di OSM Nasional

oleh -152 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (15/1/2021)

Ini baru prestasi massal dan dahsyat. Sebanyak 12 mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) berhasil menyabet medali perak dan perunggu pada ajang Olimpiade Sains Mahasiswa (OSM) Bidang Biologi tingkat Nasional. Kompetisi yang diikuti ribuan mahasiswa dan guru seluruh Indonesia ini diselenggarakan POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia) belum lama ini. POSI adalah salah satu pusat kompetisi olimpiade sains terbaik di Indonesia. Tidak hanya menggelar kompetisi sains tingkat mahasiswa, tetapi juga tingkat sekolah menengah. Dengan tujuan menjadi lembaga pembelajaran yang akan membantu siswa/siswi dan mahasiswa mengembangkan diri di bagian kompetisi khususnya sains.

Belasan mahasiswa UTS ini adalah Sriani (rangking 217), Hasniati (rangking 290), Rara Novandika Adiningtiyas (rangking 308), Rimba Trishuta Pathussina (rangking 383), Sri Hasdayanti (rangking 498) dan Tyreenia (rangking 510) meraih Medali Perak, kemudian Wulan Wila Kantari (rangking 706), Hamidah Nur Aulia (rangking 715), Lisa Yupita Sari (rangking 721), Elsah Mariska (rangking 755), Reni Nur Aziza (rangking 902), dan Waldi Anripan (rangking 938) meraih Medali Perunggu.

Untuk diketahui, OSM tingkat nasional yang dilaksanakan secara daring tersebut mempertemukan ribuan mahasiswa dari berbagai universitas ternama Indonesia. Tercatat 2.505 peserta se Indonesia mengikuti olimpiade sains nasional ini. Para Elang Muda UTS yang telah berhasil meraih medali perak dan perunggu tersebut berada pada peringkat yang cukup memuaskan.

Baca Juga  Baru Dilantik, Seorang Kepsek Ingin Mengundurkan Diri

Mewakili rekannya, peraih medali perak, Hasniati menyampaikan motivasi mengikuti ajang olimpiade sains tingkat nasional ini karena memang dia suka pelajaran Biologi sejak sekolah. “Saat ini saya menjadi mahasiswa di jurusan Teknobiologi, yang juga sangat erat kaitannya dengan keilmuan tersebut. Melalui ajang yang diinisiasi oleh POSI ini bisa menjadi wadah bagi kami melatih kemampuan yang telah kami pelajari di perkuliahan,” ungkap Hasniati.

Menyambut prestasi membanggakan ini, Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D, mengucapkan selamat untuk para mahasiswa yang mendapatkan medali. Ia meminta para Elang Muda tersebut tidak merasa puas dan teruslah mengukir prestasi. “Tinggalkan legacy terbaik bagi kampus ini. Kalian telah memberikan inspirasi bagi para mahasiswa lainnya untuk terus berkarya,” pungkas Rektor Muda yang tercatat sebagai seorang ahli dalam teknologi berbasis vakum dan plasma seperti pengendapan uap fisik (PVD), deposisi uap kimia (CVD) dan sistem PVD-CVD gabungan, serta berpengalaman dalam pembuatan baterai lithium-ion dalam bentuk sel koin dan kantong. (SR)

bankntb DPRD DPRD