Dikbud Sumbawa Siapkan 4,5 M untuk Lanjutkan Pembangunan SDN Lempeh

oleh -181 views
H. Sahril M.Pd

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (14/1/2021)

Pembangunan Gedung SD Negeri Lempeh, dilanjutkan pada Tahun 2021 ini. Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa telah menyiapkan dana sebesar Rp 4,5 Miliar melalui APBD. Hal ini diungkapkan Kadis Dikbud Sumbawa, H. Sahril S.Pd, kemarin. Menurutnya jika tidak ada hambatan, pembangunan sekolah itu akan selesai Tahun 2021.

Pada tahun 2020 lalu kata Kadis Dikbud, yang bisa diselesaikan hanya pembangunan konstruksi dasarnya. Untuk kelanjutan pembangunannya, Dinas Dikbud Sumbawa akan melakukan proses tender ulang melalui Bagian ULP. Karena proses tender ini terbuka untuk kalangan umum, rekanan yang sebelumnya sempat mengerjakan pembangunan SD Lempeh, tetap diperbolehkan mendaftar. “Siapa saja boleh ikut tender sepanjang memenuhi syarat,” ujarnya.

Kadis Dikbud memperkirakan, sekitar Bulan April atau Mei, kelanjutan pembangunan gedung SD Lempeh, yang masa pekerjaannya selama 6 bulan ini sudah bisa dilakukan. Sebab di Bulan Maret, proses lelang hingga pembuatan kontraknya sudah dapat diselesaikan. “Target kita September nanti, gedung SD Lempeh ini sudah bisa digunakan untuk proses KBM. Berkas Audit Probity-nya sudah kita kirim. Kalau sudah selesai auditnya tinggal masukan dokumen lelang, karena salah satu isi lelang adalah hasil Audit Probity,” tandasnya.

Untuk diketahui pada tahun ini, anggaran APBD hanya bisa melanjutkan pembangunan gedung SD Lempeh. Kendati demikian, tahun ini juga ada perbaikan ruang kelas, maupun ruang guru termasuk pembangunan sanitasi air bersih untuk beberapa sekolah di Sumbawa. Namun, anggarannya melalui DAK. “Yang lewat DAK ini belum ada juknisnya. Tapi kita sudah usulkan semua sekolah yang memenuhi syarat. Tapi penentuannya tetap di Kemendikbud berdasarkan Dapodik. Di Sumbawa, memang masih banyak sekolah yang membutuhkan sentuhan perbaikan,” demikian Haji Sahril. (SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Pemda Sumbawa dan Kemenristek Bahas Rencana Pembangunan STP