Lama Dibangun Sejumlah Pasar di KSB Belum Beroperasi, Komisi II Angkat Bicara

oleh -84 views

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (12/1/2020)

Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) meminta pemerintah daerah memaksimalkan keberadaan pasar untuk penambahan retribusi pendapatan asli daerah (PAD). ‘’Saya minta pemda atau dinas terkait untuk memaksimalkan pengoperasian semua pasar yang dibangun di KSB. Karena beberapa pasar yang sudah dibangun sampai saat ini ada yang belum beroperasi, ada juga yang sudah beroperasi tapi fasilitasnya tidak memadai sehingga keberadaannya tidak maksimal,’’ kata Ketua Komisi II Akheruddin SE., ME saat ditemui samawarea.com, Selasa (12/1).

Berdasarkan beberapa pantauan Komisi II, ungkapnya, ada beberapa pasar yang belum beroperasi di beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Brang Ene dan Kecamatan Brang Rea. Bangunan pasar ini sudah berdiri bertahun-tahun namun belum ditempati. Ia tidak ingin bangunan pasarnya rusak sebelum ditempati. Sedangkan Pasar Tano dan Pasar Sekongkang yang sudah beroperasi, juga dinilai belum maksimal karena perangkat dan fasilitas pendukung lainnya belum dilengkapi. “Kenapa harus dimaksimalkan agar roda perekonomian di daerah ini terus berputar sehingga mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat, dan bisa menjadi sumber PAD bagi daerah,” jelasnya.

Akheruddin pun mendesak Bappeda melalui Bidang Ekonomi segera berkoordinasi dengan beberapa SKPD terkait, seperti Badan Pendapatan dan Aset Daerah (BPAD) dan Disperindagkop untuk memikirkan langkah cepat dan tepat guna memaksimalkan beroperasinya pasar rakyat yang sudah dibangun. “Sejatinya ini bukan persoalan baru, ini sudah lama tapi belum mendapatkan perhatian serius dari Pemda terutama dinas terkait. Kami sudah beberapa kali mengingatkan pemerintah daerah agar keberadaan pasar rakyat ini dimaksimalkan fungsinya. Saya berharap ada langkah konkrit dari dinas terkait, jangan menunggu perintah pimpinan daerah. Lebih cepat lebih baik agar apa yang sudah dibuat untuk rakyat ini bisa dinikmati oleh masyarakat luas dan memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan daerah,’’ pungkasnya. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Bawaslu Sumbawa Selidiki Oknum Pejabat Terlibat Kampanye Caleg