Pelayanan RSMA Terganggu, Puluhan Nakes Diisolasi Mandiri

oleh -202 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (7/1/2021)

Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) sempat terganggu. Pasalnya, puluhan tenaga kesehatan (Nakes) menjalani isolasi mandiri karena terpapar covid dan kontak langsung. Bahkan hasil contact tracking internal yang dilakukan RSMA, Nakes yang akan menjalani isolasi mandiri bakal bertambah. “Untuk saat ini ada 40 orang yang menjalani isolasi mandiri, 26 di antaranya tenaga kesehatan, sisanya non nakes,” kata Dirut RSMA, dr Arindra Kurniawan saat dicegat samawarea.com usai mengikuti Rapat Evaluasi Penanganan Covid di Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (7/1/2021) siang.

Dikatakan dr Arindra, tidak semua yang diisolasi mandiri positif Covid, ada sebagian yang mengalami gejala ringan termasuk yang kontak langsung dengan penderita. Namun Arindra mengaku bahwa tenaga kesehatan yang terpapar covid ini bukan yang menangani pasien covid. Mereka terpapar saat berada di luar rumah sakit. Justru nakes di ruang isolasi yang menangani pasien covid, aman. “Sampai sekarang tracking internal terus kami lakukan, dan informasinya jumlah yang diisolasi mandiri akan bertambah. Bagi yang menjalani isolasi di rumah masing-masing tetap kita kontrol dan sebaliknya mereka selalu membuat laporan kondisinya,” ungkap Arindra.

Dengan adanya tenaga kesehatan yang diisolasi, dr Arindra mengakui pelayanan sempat terganggu. Tapi kondisi ini teratasi, terlebih lagi adanya tambahan tenaga dari CPNS sebanyak 27 orang, 21 di antaranya perawat. Mereka saat ini masih menjalani orientasi dan segera diperbantukan untuk pelayanan, mengisi kekosongan yang ditinggalkan nakes yang menjalani isolasi mandiri.

Baca Juga  APD dan Paket Sembako untuk Wartawan dari Dandim Sumbawa

Untuk menjaga dan mencegah nakes maupun pegawai RSMA terpapar Covid, dr Arindra mewanti-wanti agar disiplin dan mematuhi protokol kesehatan, terutama saat berada di luar rumah sakit, mengingat kondisi Sumbawa saat ini masuk zona merah. Terkadang mereka keluar makan berkumpul tanpa jaga jarak dan tidak menggunakan masker. “Kami juga sering menegur pegawai karena ketika mengobrol dengan temannya, melepas masker. Ini menjadi penyebab perpindahan virus semakin cepat. Jadi, disiplin dan patuhi protokol kesehatan, adalah cara mencegah penyebaran Covid,” pungkasnya. (SR)

iklan bapenda