Pemda Sumbawa akan Penuhi Kekurangan Lahan Jembatan Plempit Brang Biji

oleh -27 views
Kepala Badan Pertanahan Setda Sumbawa, Khaeruddin SE., M.Si

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN BAGIAN PERTANAHAN SETDA SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (16/10/2020)

Pengadaan Tanah Pembangunan Jembatan Plempit Brang Biji Sumbawa tengah disiapkan Bagian Pertanahan Setda Sumbawa. Ini dilakukan berdasarkan hasil turun lapangan tim perencanaan untuk mengecek rencana pembangunan Jalan Garuda tahap kedua dan Jembatan Brang Biji. Setelah pengecekan, ternyata masih ditemukan kekurangan atas lahan untuk pembangunan jembatan.

Kepala Bagian Pertanahan Setda Sumbawa, Khairuddin, SE., M.Si, mengatakan, PPK proyek Jalan Garuda Tahap Kedua dan Jembatan Brang Biji sudah menghubunginya. PPK meminta patokan terakhir pengadaan tanah untuk proyek tersebut. “Mungkin nanti akan dikonfirmasi secara resmi. Kemarin mereka menghubungi untuk melihat patok terluarnya,” ujar Khaeruddin, Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, apabila ada kekurangan atas lahan untuk proyek itu, harus diakomodir. Demikian jika pengadaan tanah untuk memenuhi standar, maka akan dilakukan. Ia mencontohkan pengadaan tanah tambahan untuk kebutuhan pembangunan Jembatan Samota II di Dusun Omo, Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara beberapa waktu lalu. Namun, harus ada justifikasi dari perencana, bahwa lahan untuk proyek itu kurang. “Karena itu, pihak perencana harus bersurat secara resmi ke Pemda Sumbawa. Untuk meminta dilakukan penambahan lahan. Nantinya negosiasi dengan pemilik lahan bisa dilakukan sambil proyeknya berjalan. Pemda siap melakukan pengadaan tanah kembali karena itu adalah komitmen dari pemerintah dan merupakan satu kesatuan dari pelebaran Jalan Garuda,” pungkasnya. (SR)

 

DPRD DPRD
Baca Juga  Singgung Masalah Ekonomi Dunia di AM IMF-WB, Presiden Jokowi: Winter is Coming