Pramuka Mendidik Anak Menjadi Penggerak Pembangunan

oleh -64 views

Oleh: Burhanuddin (Mantan Dewan Kerja Pramuka Ranting Plampang)

Pramuka dengan segala kemampuannya telah memberikan dampak positif dalam menempa generasi bangsa menjadi pribadi yang berkualitas. Karena itu anggota Pramuka di Kecamatan Plampang khususnya dan Kabupaten Sumbawa umumnya benar-benar aktif mengikuti pembinaan agar menjadi kader penerus, penggerak pembangunan. Konsep pramuka itu sangat menarik. Di antaranya semangat, gotong royong, kreatif dan memupuk jiwa kepemimpinan. Karena itu sangat penting diterapkan dalam pembentukan anak bangsa yang berkualitas sebagai kader penggerak pembangunan, gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan yang bertujuan mendidik putra-putri Indonesia menjadi kader/tenaga penggerak pembangunan, bermental baik, mempunyai moral dan budi pekerti serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tujuan yang ingin dicapai dengan kegiatan pramuka adalah terbentuknya anak bangsa yang beriman. Selain itu memiliki moral yang baik, mental yang kuat, cerdas serta kuat dan sehat jasmaninya, sehingga kegiatan perkemahan pramuka merupakan upaya membangkitkan potensi anggota pramuka secara keseluruhan, baik dari aspek fisik, intelektual, emosional sosial maupun spiritual. Termasuk menjaga dan melestarikan lingkungan Bumi Perkemahan. Dalam perkemahan anak dididik dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman akan agungnya sang pencipta termasuk dengan alam ciptaan-Nya yakni menjaga dan kelestarian lingkungan.

Pramuka dapat memberikan dampak nyata dalam membentuk karakter anak bangsa yang kreatif, mandiri dan berkualitas. Berkaitan dengan hal itu Penulis berharap kepada para guru/pembina pramuka, dipesankan agar metode pembinaan dilakukan melalui keteladanan. Serta tujuan kerap dilakukan Perkemahan untuk mendekatkan Pramuka kepada masyarakat dan mempersiapkan Pramuka semua tingkat mulai Penggalang dan seterusnya. Mengikuti kegiatan merupakan kesempatan untuk membina diri menjadi kader pemimpin berkarakter di masa yang akan datang. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  Pabrik Pengolahan Limbah Segera Hadir di NTB