Pencuri Porang Diterkam PUMA dari Balik Semak Belukar

oleh -293 views

DOMPU, samawarea.com (25/12/2020)

Porang kini cukup populer karena harganya yang mahal dan ramai diburu. Hal inilahnya yang membuat masyarakat melakukan budidaya tanaman yang pasarannya ke berbagai Negara tersebut.

Tanamanitu kini banyak ditanam para petani di Kabupaten Dompu. Bahkan dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Dompu belum lama ini, Porang menjadi program unggulan salah satu Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati jika terpilih. Tergiur dengan harga mahal, memantik niat jahat dua orang pria berinisial HD (18) dan WT (17) warga Desa Kadindi, Kecamatan Pekat. Keduanya nekat mencuri tanaman porang di lahan milik Jamaluddin (50).

Kasus pencurian itu diketahui Senin, 21 Desember 2020, sekitar pukul 15.00 Wita. Saat itu korban baru saja tiba di lahan porangnya. Ia melihat sekitar 70 pohon porang sudah tercabut dan bijinya hilang diambil orang. Namun ia juga melihat sisa biji porang yang ditaruh di sebuah baskom. Korban menduga itu adalah sisa biji porang yang tidak dibawa pelaku. Korban pun melaporkannya ke Polsek Pekat.

Atas laporan korban, Kapolsek Pekat, IPDA Muh Sofiyan Hidayat S.Sos berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Dompu. Selanjutnya Kasat Reskrim Iptu Ivan Roland Cristofel STK memerintahkan Tim Puma untuk menyelidiki dan menangkap pelaku.

Keesokan harinya, Tim Puma yang dipimpin Bripka Zainul Subhan bergegas menuju Pekat. Tim sengaja tidak mengamankan dan membiarkan biji porang di dalam baskom berada di tempat semula, seraya menunggu para pelaku datang mengambilnya. Anggota bersembunyi di semak sambil mengintai pelaku. Benar saja, sekitar pukul 14.30 Wita, kedua pelaku datang mengambil biji porang itu dan langsung disergap. Selanjutnya digelandang ke Mapolsek Pekat. Atas perbuatannya, kedua terduga pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. (SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Cilaka Duabelas !! Imigrasi Ungkap 10 WNA ber-KTP Sumbawa