Ngopi Bareng, Cara Kapolres Sumbawa Rajut Kembali yang Tercerai Pasca Pilkada  

oleh -297 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (24/12/2020)

Tensi politik pasca Pilkada di Kabupaten Sumbawa masih belum mereda. Saling gugat menghiasi pesta demokrasi tersebut. Namun demikian kondusifitas daerah menjadi harga mati. Karenanya untuk mendinginkan tensi yang masih menghangat ini, Kapolres Sumbawa menginisiasi kegiatan bertajuk “Ngopi Bareng”. Kegiatan yang dilaksanakan di Mapolres Sumbawa, Rabu (23/12/2020) ini, mengusung tema “Sumbawa Damai, Elegan dalam Berdemokrasi dan Sehat Hadapi Virus Covid”.

Hadir di antaranya Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra, S.IK, Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S. Sos, M. Tr (Han), Kajari Sumbawa Iwan Setiawan, SH, M. Hum, Kepala Pengadilan Negeri Sumbawa Tony Wijaya Hansbert Hilly SH, Ketua DPRD Sumbawa A. Rafiq SH, Mantan Wakil Gubernur NTB Periode 2003-2008 H. Bonyo Thamrin Rayes, Mantan Wakil Gubernur NTB Periode 2013-2018 M. Amin, SH, M.Si, Ketua KPU Sumbawa M. Wildan, M.Pd, Ketua Bawaslu Sumbawa yang diwakili Koordinator Sekretaris Edy Ramli, S.AP, dan Ketua MUI Sumbawa Ust. Syukri Rahmat, S. Ag. Selain itu Ketua Muhamadiyah Ust. H. Faisal Salim, S.Ag, Ketua Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) yang diwakili Aries Zulkarnain, Calon Bupati Sumbawa Nomor Urut 3 Ir. Talifuddin, M.Si, Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Nomor Urut 4 Drs. H. Mahmud Abdullah dan Dewi Noviany, S.Pd, M.Pd, Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Nomor Urut 5 Ir. H. Syarafuddin Jarot, MP dan Ir. H. Mohklis, M. Si, ketua tim pemenangan Paslon, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra, S.IK dalam sambutannya menyebutkan, Gedung Rupatama Polres Sumbawa ini menjadi saksi atas berkumpulnya seluruh unsur Pimpinan Kabupaten Sumbawa, para Paslon dan ormas, bahwa silaturahmi harus tetap dijaga. Kegiatan itu juga adalah kegiatan terakhir yang digelar di Rupatama karena bangunan tersebut akan direhab total Tahun 2021 mendatang. “Kita sudah melaksanakan kegiatan besar pesta demokrasi Pilkada Serentak tahun 2020. Sampai saat ini masih berjalan dan kita harus tetap menjaga kondusifitas wilayah,” pinta Kapolres.

Baca Juga  Digedor GMAK, Jaksa Tegaskan Kasus DAK Ditutup

Menurut Kapolres, TNI/Polri beserta seluruh unsur Pemerintah telah bekerja sama dalam menyukseskan Pilkada tahun 2020. Patut dibanggakan di tengah pandemi covid dan cuaca yang tidak mendukung, seluruh tahapan Pilkada bisa dilaksanakan dengan aman dan sehat. “Kami sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Ngopi Bareng, mengapresiasi seluruh tamu undangan yang hadir dan seluruh pasangan calon dan tim pemenangan agar tetap mengikuti mekanisme yang sudah dan sedang berjalan dalam menentukan Pemimpin Sumbawa,” himbaunya.

Sementara Kajari Sumbawa, Iwan Setiawan, SH, M.Hum mengatakan, seluruh upaya yang telah dilaksanakan bersama sejak awal tahapan Pilkada yang berjalan dengan aman ini akan berbuah manis untuk Tau dan Tana Samawa. “Terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dalam perjalanan Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Sumbawa,” tukasnya.

Hal senada diungkapkan Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) mengucapkan Terimakasih atas partisipasi dari seluruh unsur Forkopimda dan mengajak semua pihak menjalin kembali silaturahmi yang sempat terputus saat Pilkada. “Jadikan sejarah menjadi bagian dari hidup kita, dan pada hari ini kita sudah mencetak sejarah, dimana Pilkada Sumbawa yang diikuti oleh 5 pasangan calon bisa berjalan dengan damai,” ajaknya.

Di bagian lain, Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq SH menyampaikan apresiasi kepada, KPU, Bawaslu, Dandim, Kapolres dan Kajari yang sukses menciptakan suasana Pilkada yang damai. Dikatakannya, Pilkada sudah selesai. Terkait proses, sudah diatur dalam regulasi. Paling penting saat ini adalah merajut kembali silaturahmi. “Apapun keputusan nanti kami akan menerima dengan baik dan demi kemajuan daerah ini,” ujarnya seraya meminta seluruh pendukung Paslon untuk bersatu dan membangun Sumbawa. Siapapun yang menang adalah hasil dari pilihan mayoritas masyarakat Sumbawa.

Baca Juga  Perampok Bertopeng Beraksi di Kos-kosan

Mantan Wakil Gubernur NTB, Muh. Amin SH, M.Si menyampaikan Pasatotang serta ucapan terimakasih kepada Kapolres Sumbawa yang telah menginisiasi kegiatan untuk bersilaturahmi dengan Forkopimda dan para paslon guna mencairkan kembali situasi pasca Pilkada. Proses Pilkada telah berjalan dengan baik dan lancar, serta sesuai aturan yang ada. Bagi Paslon yang mengajukan gugatan, Amin meminta tetap berada pada koridor hukum yang berlaku. “Saya yakin dan percaya seluruh Paslon yang mengikuti Pilkada Sumbawa ini adalah orang yang mempunyai tanggung jawab besar dalam menciptakan situasi Sumbawa yang kondusif. Seluruh Paslon mempunyai Kemampuan dan pengalaman di bidang masing masing. Mari bersatu padu untuk menciptakan Sumbawa kabupaten yang hebat, siapapun yang dipilih, itu pemimpin kita bersama,” imbuhnya.

Ketua Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) diwakili Aris Zulkarnain mengatakan, pentingnya pelestarian kearifan local. LATS merupakan mitra pemerintah dan siap membantu dalam memberdayakan, melestarikan dan mengembangkan adat istiadat yang dapat mendukung pembangunan. “Seluruh ormas Islam dan ormas lain ikut mendukung suksesnya Pilkada dan saling menghargai pilihan masing masing sehingga menciptakan suasana damai pada Pilkada Sumbawa,” timpal Ketua Muhammadiyah Sumbawa Ust. H. Faisal Salim, S.Ag. (SR)

iklan bapenda