Dapat Sertifikat Uji Tipe, Sepeda Listrik Ngebuts UTS Siap Produksi Massal

oleh -54 views

MATARAM, samawarea.com (19/12/2020)

Sepeda motor listrik produksi Tim Ngebuts Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) memperoleh Sertifikat Uji Tipe Sepeda Listrik pada Tipe Gemilang. Sertifikat tersebut diserahkan Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd, pada momen HUT NTB ke-62, sekaligus “Launching Bus Disabilitas, dan Penandatangangan Plakat TUKS di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi NTB. Turut hadir dalam kegiatan ini Dirut Perum. Damri, First Secretary Kedubes Australia, Ketua HWDI Pusat, Kapolda NTB dan Kepala BPTD Wilayah XII Provinsi Bali dan NTB. Selain sepeda listrik Ngebuts juga ada sepeda listrik Le-Bui karya putra Lombok yang juga menerima sertifikat uji tipe sepeda listrik tersebut.

Ketua Tim Ngebuts sekaligus Direktur PT. Olat Maras Power (Unit Produksi Ngebuts), Ahmad Jaya MT menyampaikan harapannya atas telah diperolehnya sertifikat uji tipe ini. “Kedepan semoga masyarakat merasa lebih dekat dengan moda transportasi ramah lingkungan ini, dan bisa beralih menggunakannya. Setelah mendapatkan lisensi atau sertifikat uji tipe dari Dinas Perhubungan Provinsi NTB, PT. Olat Maras Power siap memproduksi Ngebuts secara masal. Ini sejalan dengan program Pemprov NTB,” tandasnya, belum lama ini.

Rektor UTS, Chairul Hudaya, Ph.D mengungkapkan harapan dan progres Ngebuts berikutnya. Menurut Bang Irul—sapaan akrabnya, setelah mendapat sertifikat uji tipe ini, Ngebuts akan masuk dalam daftar e-katalog Provinsi NTB. Hal itu memungkinkan masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi terkait Ngebuts. “Ketika produksi masal dilakukan, semoga lebih banyak orang menyadari manfaat serta pentingnya beralih ke moda transportasi ramah lingkungan ini,” ungkapnya.

Baca Juga  Empat Kader Terbaik Bertarung di Musyda Pemuda Muhammadiyah Sumbawa

Bang Irul menambahkan, pihaknya di UTS pun berencana membuat Ngebuts menjadi kendaraan keseharian para dosen dan staf. Ini sebagai langkah menjadikan sepeda listrik sebagai trend berkendara yang baik. Ia berharap akan lebih banyak lagi inovasi di bidang transportasi seperti ini. “Semoga Ngebuts bisa menjadi pilihan transportasi yang dicari dan dipakai di masa mendatang,” pungkasnya.

Selain agenda HUT NTB ke-62 ini, pada puncak perayaan HUT NTB, 17 Desember 2020, PT. Olat Maras Power juga menyerahkan sebanyak 15 unit sepeda listrik Ngebuts tipe Maras kepada Pemerintah Provinsi NTB. (SR)

 

iklan bapenda