Atasi Tiga Titik Rawan Longsor, Camat Lunyuk Kerahkan Ratusan Massa

oleh -84 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (17/12/2020)

Camat Lunyuk, Drs. Iwan Sofian mengerahkan ratusan massa untuk menyerbu tiga titik rawan longsor di wilayah Kecamatan setempat, Kamis (17/12/2020). Pengerahan massa ini dilakukan sebagai aksi untuk menjaga dan mengembalian kelestarian alam. Apalagi memasuki musim penghujan ini, sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa dilanda banjir. “Menjaga kelestarian alam adalah tugas kita bersama. Mari kita kembalikan fungsi hutan, dalam rangka mengembalikan kelestarian alam kita,” kata camat teladan ini.

DPRD

Dalam mewujudkan Lunyuk Hijau itu, ungkap Iwan, pihaknya menggandeng KPH Brang Ene  dan diikuti 3 Pilar kecamatan Lunyuk, Pemdes, Pokdarwis, siswa SMAN I Lunyuk, Toma dan Toga serta mahasiwa KKN Merdeka UTS. Pihaknya secara konsisten dan bertahap melakukan aksi nyata, yakni penanaman pohon dengan focus lokasi di Dusun Plara, Dusun Jelapang dan Dusun Karang Anyar Lunyuk Rea. “Ini wujud nyata dari deklarasi Lunyuk Hijau pada 23 Desember 2019 silam,” akunya.

Ia menghimbau masyarakat untuk tetap peduli dengan lingkungan terutama kelestarian alam. Karena hutan yang hijau menjadi warisan bagi anak cucu mendatang. Selaku pemerintah, pihaknya sangat mendukung upaya ini. Pemerintah menyiapkan bibit, masyarakat yang menanam, dan bersama-sama menjaganya. “Selama ini banyak masyarakat mengelola lahan dalam kawasan. Tentu tindakan itu sangat dilarang. Namun pelarangan tersebut harus dibarengi dengan solusi baik solusi bagi alam dan maupun bagi mereka sendiri yang akan memanfaatkan alam itu secara berkelanjutan.

Baca Juga  Hasil Test Cepat, 15 Santri Kluster Magetan di Sumbawa Reaktif !

Madi–Perwakilan Pokdarwis Lunyuk mengaku bersyukur karena kegiatan itu berjalan lancar meski diguyur hujan. “Semoga pohon yang kita tanam ini bisa tumbuh dan membawa mamfaat buat generasi berikutnya,” ungkap Madi seraya menyebutkan bibit yang ditanam ini adalah kayu putih, terambisi, mente, nangka dan sengon. (BUR/SR)

DPRD DPRD