Jelang Rekapitulasi Kabupaten, Bawaslu Siapkan Data Hasil Pengawasan

oleh -294 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (13/12/2020)

Bawaslu Kabupaten Sumbawa saat ini sedang mempersiapkan seluruh data-data hasil pengawasan dari jajaran tingkat bawah. Persiapan ini untuk menyambut pelaksanaan Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten/Kota Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa pada tanggal 13-17 Desember 2020.

DPRD

Koordiv Pengawasan dan Humla Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Hamdan S.Sos.I, Minggu (13/12) mengakui adanya persiapan menjelang Rekapitulasi Kabupaten. Pihaknya telah mengundang Panwaslu Kecamatan guna mempersiapkan data-data hasil pengawasan tahapan pungut hitung. “Kami telah mengundang Panwaslu Kecamatan guna mempersiapkan seluruh data-data hasil pengawasan pada tahapan tersebut,” katanya.

Data data yang harus dilengkapi sebut Hamdan, di antaranya adalah Laporan Hasil Pengawasan (LHP) Masa Tenang, Pendistribusian Logistik dari KPU menuju PPK dan PPS sampai ke TPS Pendistribusian, C- Pemberitahuan Memilih-KWK, Pemungutan Suara, Perhitungan Suara, dan Penempelan C. Selain itu salinan Hasil-KWK, Pengembalian Logistik dari PPS kepada PPK dan LHP Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Tingkat Kecamatan. “Selain LHP, Panwaslu Kecamatan juga mempersiapkan data data hasil Foto C. Hasil-KWK, Scan Form D. Hasil-KWK, Scan Surat Mandat Saksi TPS dan Saksi Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan dan terakhir LHP PTPS pada hari Pemungutan dan Penghitungan Suara,” tambah Hamdan.

Hamdan mengaku bahwa seluruh data itu dipersiapkan guna mengetahui jalannya proses tahapan pungut hitung dan melihat serta mengkaji tentang peristiwa-peristiwa khusus dan menganalisa tentang adanya dugaan-dugaan pelanggaran pada tahapan tersebut.
Terakhir, Ia menegaskan bahwa Bawaslu Sumbawa akan tetap menjalankan tupoksinya sesuai dengan amanat Undang-Undang Pemilihan. Dihimbau kepada pasangan calon dan seluruh masyarakat untuk tenang dan tetap menjaga konduktifitas. “Pesta demokrasi ini milik kita bersama, kita tunggu saja pemenang Pilkada ini berdasarkan hasil resmi yang akan di tetapkan oleh KPU sebagai penyelenggara teknis,” tutup Hamdan. (SR)

 

DPRD DPRD
Baca Juga  Lepas dari Pasungan, Seorang Wanita Tertangkap Curi Motor