Kehadiran LAZ Penting untuk Menekan Angka Kemiskinan di NTB

oleh -74 Dilihat

LOMBOK BARAT, samawarea.com (5/12/2020)

Kehadiran sejumlah Lembaga Amil Zakat (LAZ), terlebih LAZ Dasi NTB memiliki peran penting dalam menekan angka kemiskinan di NTB. Karenanya, pemahaman dan kesadaran lebih terhadap kebutuhan masyarakat, dinilai penting. “Untuk mengatasi dan menentukan masalah yang utama, kita harus betul-betul menyatu dengan masyarakat, memahami suasana batin dan denyut nadinya, sehingga apa yang disampaikan menjadi betul-betul kebutuhan dan keinginan masyarakat,” ujar Gubenur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, saat memberikan sambutan pada Musyawarah Kerja 2020 LAZ Dasi NTB, di Montana Premier Senggigi, Sabtu (5/12/2020).

Selain itu, menurut Gubenur, memberi bukan hanya untuk mendapatkan pahala atau mensejahterakan orang lain, tetapi juga mendapat sebuah kebahagiaan dan kepuasan tertentu dalam diri seseorang. “Orang sekarang, untuk mengatasi stres, menghampiri ketenangan, mencicipi kebahagiaan itu dianjurkan untuk lebih banyak memberi,” ucapnya.

Dengan memperbanyak memberi, menghadirkan senyuman pada orang lain, maka tingkat kebahagian seseorang akan lebih tinggi. “Ini juga harus ditangkap oleh teman-teman Dasi, semua donatur itu hanya didoain dapat pahala saja, donatur ditepukin tangan saja, it’s not enough, musti ada hubungan psikologis, sehingga orang yang mendonasikan kekayaan hartanya kepada Dasi, dia juga merasakan kepuasan batin,” ujarnya.

Baca Juga  KPPT Sumbawa Haramkan Calo dan Gratifikasi

Gubernur meminta yayasan, direktur dan para staf agar meningkatkan perasaan, sehingga bukan hanya menjadi kewajiban dan takut neraka, tapi seseorang itu menyumbang karena ia membutuhkannya. “Sekarang harus dibalik, digali sedemikian rupa, sehingga mereka dengan memberikan donasi itu bukan karena di SMS, tapi karena dia punya kebutuhan menyalurkan hartanya, untuk mensucikan kekayaannya, untuk kepuasan spiritualitasnya sendiri,” tambahnya.

Terakhir, Gubernur  meminta kepada LAZ Dasi NTB untuk meningkatkan kemampuan SDM yang dimilikinya. Yakni dengan memberikan pendidikan atau beasiswa, sehingga kedepan kualitas LAZ Dasi NTB semakin meningkat. “Dasi jangan sungkan-sungkan untuk mengirimkan stafnya untuk mengupgrade capacity, sekolah lagi supaya dapat link yang baru, ilmu yang baru, sehingga Dasi itu bisa menjelma menjadi organisasi yang bukan hanya menolong orang NTB, tapi menolong orang Indonesia dan mampu menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh dunia,” tutup Gubernur.

Baca Juga  Malam Tasyakuran HUT RI, Bupati Sampaikan Tahapan Pembangunan

Sementara itu, Direktur LAZ Dasi NTB, Tarsito berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi NTB dan para donatur, atas bantuan dan dukungannya, sehingga LAZ dapat menyalurkan bantuan-bantuan tersebut, setiap harinya kepada masyarakat yang membutuhkan. Tarsito menjelaskan bahwa pada tahun 2020 ini, penerima manfaat dari LAZ Dasi NTB sebanyak 440.167 orang. Selain itu, LAZ Dasi NTB memiliki lima program yakni, pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan dakwah. “Lima program inilah yang akan kami terus kembangkan,” imbuhnya.

Yanti, Salah seorang pelaku usaha Oleh-oleh Telur Asin, merupakan salah satu penerima manfaat dari LAZ Dasi NTB. Yanti menuturkan bahwa lembaga tersebut telah banyak memberikan manfaat, terlebih pada usaha miliknya. “Banyak manfaat yang saya dapatkan dari pelatihan LAS Dasi NTB, terimakasih saya ucapkan kepada LAZ Dasi NTB dan para donatur,” ujarnya. (SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *