Gubernur NTB Raih Penghargaan dari Perpustakaan Nasional

oleh -39 views

MATARAM, samawarea.com (6/12/2020)

Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah meraih penghargaan dari Perpustakaan Nasional RI. Penghargaan diberikan karena Gubernur dinilai telah memberikan dedikasi dalam membina dan mengembangkan perpustakaan dan kegemaran membaca di Provinsi NTB. Penghargaan yang ditandatangani oleh Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando tersebut merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan Perpusnas terhadap Gubernur NTB yang selama ini telah memberikan andil dalam pengembangan perpustakaan di daerah. Yang tak kalah pentingnya yaitu bagaimana upaya Pemprov NTB bersama kabupeten/kota dalam meningkatkan literasi dan kegemaran membaca.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip NTB, Dr. Manggaukang Raba mengatakan, ada 10 kriteria penilaian Perpustakaan Nasional sehingga muncul penghargaan untuk Gubernur NTB. Salah satunya, semakin gencarnya perkembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial di NTB. Ada empat kabupaten di daerah ini yang sudah mengembangkan perpustakaan berbasis inklusi yaitu Kabupaten, Bima, Kabupeten Lombok Utara, KSB, dan Kabupaten Lombok Tengah. “Ada juga indikator berupa prestasi yang diperoleh NTB dalam dua tahun terakhir. NTB tahun 2019 lalu juara 1 dan tahun ini dapat juara 3 Lomba Perpustakaan. Kita selalu dapat prestasi setiap tahun, sehingga itu yang dinilai,” kata Manggaukang Raba, Sabtu 5 Desember 2020.

Ia mengatakan, selain kriteria tersebut, kriteria penyebarluasan informasi kegiatan Perpustakaan Daerah melalui media massa dan media sosial secara aktif dilakukan. Anggaran untuk Perpustakaan di NTB baik di Pemprov maupun di kabupeten/kota melalui APBD masing-masing daerah selalu meningkat. “Jumlah pustakawan yang merata di seluruh kabupaten/kota di NTB juga masuk kriteria. Karena banyak daerah di luar NTB yang tak memiliki pustakawan yang merata,” ujarnya.

Baca Juga  "Kabupaten/Kota di Pulau Sumbawa Tidak Serius Urus Pariwisata”

Kriteria lainnya yaitu adanya inovasi yang dibuat oleh sejumlah daerah di NTB telah memberikan dampak positif bagi masyakarat dalam hal peningkatan literasi. (SR)

iklan bapenda