Dikawal Polisi dan Bawaslu, KPU Sumbawa Mulai Distribusi Logistik Pilkada

oleh -68 views

Prioritaskan Wilayah Sulit Transportasi

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (5/12/2020)

Pemungutan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020, Rabu 9 desember 2020 semakin dekat. Berbagai persiapan dilakukan KPU Sumbawa untuk menyukseskan pelaksanaan tahapan tersebut, baik dari teknis penyelenggaraannya maupun penyiapan logistik.

Untuk teknis penyelenggaraan, KPU Sumbawa telah tuntas memberikan bimbingan teknis sekaligus simulasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara kepada anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Alhamdulillah kami telah selesai memberikan bimbingan teknis sekaligus simulasi tentang tata cara pemungutan suara dan penghitungan suara kepada penyelenggara baik di tingkat PPK, PPS maupun KPPS, dengan harapan mereka memperoleh pemahaman yang utuh tentang tugas-tugas mereka sebagai Penyelenggara Pilkada Tahun 2020, khususnya pemahaman tentang tata cara pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, sehingga tahapan pemungutan dan penghitungan suara dapat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku,’’ ungkap Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, M. Wildan M.Pd di sela-sela Bimtek hari terakhir yang dipusatkan di kecamatan masing-masing.

Kemudian untuk kesuksesan pelaksanaan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara, lanjut Wildan, tidak lepas dari kesiapan logistic. Jumat (4/12/2020) kemarin, KPU Sumbawa telah menuntaskan proses pengelolaan logistik untuk pemungutan dan penghitungan suara berupa kotak suara, surat suara, tinta, bilik suara, segel dan alat untuk memberikan tanda pilihan, serta perlengkapan lainnya.

Baca Juga  Kades Lamenta Menobatkan Tim PETANG Sebagai Tamu Kehormatan

Mengingat pelaksanaan Pilkada masih dalam masa pandemi Covid-19, maka penerapan protocol kesehatan dalam tahapan pemungutan suara mutlak harus dilaksanakan. Karenanya KPU Kabupaten Sumbawa juga telah menyiapkan logistik Alat Pelindung Diri (APD) bagi KPPS, PPS, maupun PPK. “Alat pelindung diri ini telah mulau didistribusikan sejak 2 hari yang lalu berupa masker, face shield, tempat cuci tangan dan lainnya,” kata Wildan.

Kini perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara serta perlengkapan lainnya, sambung Wildan, sudah mulai didistribusikan ke tingkat PPK yang dikawal ketat aparat kepolisian Polres Sumbawa dan Bawaslu Sumbawa. Untuk pendistribusiannya, KPU memprioritaskan wilayah yang sulit trasnportasinya seperti Kecamatan Batu Lanteh, Labuhan Badas, Ropang, Orong Telu dan Lunyuk. “Walaupun cuaca saat ini kurang mendukung, kami optimis pelaksanaan distribusi logistic ini berjalan aman dan lancar. Kami juga optimis seluruh logistik yang akan digunakan pada hari pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020, sudah sampai paling lambat H-1 (8 Desember 2020) kepada seluruh penyelenggara di tingkat TPS dengan prinsip tepat jumlah, tepat jenis dan tepat waktu,” demikian Wildan. (SR)

iklan bapenda