UTS Boyong 100 Siswa dan Mahasiswa Kunjungi Sejumlah Perusahaan

oleh -163 views

Kenalkan Dunia Industri di PT Seger dan PLTD

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (1/12/2020)

Teknik Industri (TI) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) mengajak mahasiswanya dan 100 siswa-siswi SMA/MK se-Kabupaten Sumbawa untuk melakukan kunjungan industri ke sejumlah perusahaan di daerah ini. Kunjungan tersebut dilakukan untuk mengenalkan kondisi riil industri kepada para siswa SMA/SMK sehingga memiliki gambaran tentang industrialisasi.

Kali ini mereka mengunjungi PT Seger Agro Nusantara dan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Labuhan. Di PT Seger Agro Nusantara, para peserta diajak berkeliling ke bagian produksi untuk dikenalkan proses industri pengeringan jagung dan produksi beras. Sembari melihat mesin dan fasilitas produksi, peserta mendapatkan penjelasan proses industri yang ada di perusahaan tersebut. Beranjak dari PT Seger, peserta kunjungan melanjutkan perjalanan ke PLTD Labuhan. Di tempat ini peserta dikenalkan tentang proses produksi listrik serta distribusi listrik di Pulau Sumbawa. Mereka juga diajak ke lokasi produksi agar mengenal mesin-mesin yang digunakan untuk mengubah Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi listrik. Peserta sangat antusias mengikuti kunjungan ini terlihat dari aktifnya mereka bertanya mengenai berbagai hal tentang proses konversi material menjadi produk.

Ketua Program Studi Teknik Industri, Iksan Adiasa, M.T mengaku senang dengan terselenggaranya kegiatan kunjungan industry. Kegiatan ini dilaksanakan agar siswa dapat melihat secara langsung kegiatan dan proses-proses yang dilakukan di industri, sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasannya tentang dunia industri. Karena Teknik Industri sebagai program studi yang berkaitan langsung dengan industri kecil, menengah maupun besar. Lebih jauh Ia berharap Teknik Industri UTS bisa memberikan kontribusi yang di masyarakat terutama di bidang perindustrian. “Pada kegiatan kunjungan industri mahasiswa dan siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, kami juga tetap mematuhi Protokol Kesehatan yakni menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak serta peserta wajib dicek temperature badan. Alhamdulillah kami mendapat banyak masukan dan ilmu penting hari ini. InsyaAllah kami punya dosen-dosen hebat yang kompeten, berbakat, muda, energik, dan idealisme tinggi yang akan melancarkan dan melaksankan kegiatan kunjungan industri UTS ini,” ujarnya.

Baca Juga  Wagub Minta IWAPI dan UMKM di NTB Optimalkan Fasilitas IT

Manajer PLTD Labuhan, I Made Septa Irawan menilai kunjungan industri untuk siswa dan mahasiswa sangat penting dalam rangka mengenalkan kondisi dunia kerja terkini, memberikan gambaran dari mata kuliah yang sedang diambil, memperluas ilmu pengetahuan terkait dunia kerja dan membandingkan teori yang diperoleh di kelas dengan kondisi di dunia kerja. “Saya berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan agar siswa-mahasiswa lebih siap menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya,” tandasnya. (SR)

iklan bapenda