Dua Desa di Kempo Diterjang Banjir, Belasan Rumah Terendam

oleh -36 views

DOMPU, samawarea.com (30/11/2020)

Kabupaten Dompu diterjang banjir, Sabtu (28/11/2020) siang kemarin. Dalam musibah itu, sekitar belasan rumah di Desa Songgajah dan Desa Tolokalo Kecamatan Kempo terendam. Derasnya luapan air membawa serta sampah-sampah. Akibatnya di pemukiman maupun jalan raya terlihat tumpukan sampah sebagian besar dari ranting pohon dan daun. Tampak Bhabinkamtibmas Desa Songgajah, Brigadir I Komang Juniarta yang mengenakan pakaian dinas, membersihkan tumpukan sampah yang menghalangi saluran dan berserakan di tengah jalan. Selain itu menyempatkan diri mengatur arus lalulintas dan membantu pengendara sepeda motor yang nyaris terbawa arus banjir.

Kapolres Dompu yang dikonfirmasi melalui Paur Subbag Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah mengatakan, musim hujan sangat ditunggu-tunggu masyarakat khususnya Desa Songgajah dan Desa Tolokako Kecamatan Kempo yang berprofesi sebagai petani. Namun di awal musim hujan ini justru menjadi momok karena mendapatkan kiriman banjir. Musibah yang menimpa desa ini sebenarnya sudah tradisi setiap hujan lebat dengan waktu yang lama. Karena itu perlu ada antisipasi dampak dari banjir tersebut sehingga kerugian yang ditimbulkannya dapat diminimalisir bahkan ditiadakan. “Kesiapsiagaan aparatur negara dan masyarakat dalam mengantisipasi dampak yang akan di timbulkan akibat banjir tentu sangat diharapkan,” kata anggota yang akrab disapa Aby ini.

Lanjut Aby, Bhabinkamtibmas Desa Songgajah Brigadir I Komang Juniartha bersama Babinsa Serma Irwan, langsung membantu masyarakat yang terdampak banjir. Keduanya menghimbau warga agar mengevakuasi harta bendanya ke tempat yang lebih aman. “Kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat yang mengalami kesulitan sangat dibutuhkan, sehingga masyarakat merasakan kehadiran negara dan merasa dilindungi dan diperhatikan oleh negara. Ini selalu dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Songgajah jika turun hujan yang meminta warganya selalu waspada,” pungkasnya. (SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Disnakertrans Sumbawa Fasilitasi PPTKIS Masuk BPJS