IISBUD SAREA Kembali Lahirkan Sarjana Baru, 69 Wisudawan Diwisuda

oleh -38 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (28/11/2020)

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Samawa Rea (IISBUD Sarea) kembali menelurkan sarjana baru. Pada Wisuda Sarjana (S1) Angkatan III, Selasa (24/11) lalu, Kampus yang berada di kawasan Bukit Olat Maras, Batu Alang ini mewisuda 69 wisudawan/wisudawati yang berasal dari Program Studi Ilmu Pemerintahan, Sosiologi, Ilmu Hukum, Seni Musik, Seni Tari dan Sastra Indonesia.

Hadir pada momen bersejarah yang digelar di Gedung Serbaguna Pantai Baru ini, di antaranya Pjs. Bupati Sumbawa, Ir. Zainal Abidin, M.Si, Rektor IISBUD Sarea, Miftahul Arzak, S.Ikom., M.A, Warek, Dekan, Kaprodi, Dosen dan para wisudawan beserta keluarga.

Pjs. Bupati Sumbawa dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati. Wisuda yang dilaksanakan tersebut merupakan langkah awal untuk menuju jenjang berikutnya. “Adik-adik akan berada di tengah-tengah masyarakat dan itu merupakan kampus yang paling kompleks. Kalau di kampus kita sudah beraktifitas dan berinteraksi dengan baik, Insya Allah di masyarakat juga akan bisa kita jalani dengan baik. Jadi asahlah intelektualitas kita untuk menuju ke hal yang lebih baik,” katanya.

Di bagian lain Zainal Abe—sapaan Bupati, berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati bahwa untuk menjadi orang yang sukses tidak cukup dengan ilmu yang dimiliki saja, tetapi mendahulukan hak Tuhan yang merupakan kewajiban sebagai umat beragama. “Untuk menjadi sukses adalah mendahulukan hak Allah, jangan kita mengabaikan hak-hak Ketuhanan yang merupakan kewajiban kita sebagai umat beragama, itu yang penting. Berikutnya bahagaikan orang tuamu, jalin persahabatan dengan siapapun, karena rezeki itu bukan hanya kita usahakan sendiri tetapi datang dari orang lain. Dan yang terakhir selalu berpikir positif, jadi baik sangka kepada siapapun dan baik sangka kepada Allah yang paling utama. Teruslah belajar dan teruslah mengasah ilmu,” pesannya.

Baca Juga  Pilihan Masyarakat Sumbawa, Zul Rohmi Teratas, Suhaili Amin Terbawah

Sementara Rektor IISBUD Sarea, Miftahul Arzak, S.Ikom., MA menyampaikan di awal tahun 2020 ini, IISBUD Sarea mendapatkan kemudahan dan rezeki yang berlimpah. Hal tersebut dikarenakan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi telah memberikan akreditasi dan kelulusan untuk seluruh program studi di kampus yang dipimpinnya. “Pada pagi hari ini kita melihat hasil pejuangan dari teman-teman semua. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi telah memberikan akreditasi dan kelulusan untuk seluruh program studi yang ada di IISBUD Sarea. Pada tahun ini juga pertama kalinya seluruh program studi di IISBUD Sarea bisa mengikuti wisuda,” ujarnya.

Mifta juga menyebutkan, IISBUD Sarea memliki tiga core keilmuan yang besar. Yakni, ilmu hukum, ilmu sosial dan ilmu budaya. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri, bahkan mungkin menjadi salah satu kampus di Indonesia bagian tengah atau Indonesia bagian timur yang memiliki tiga core keilmuan yang berbeda menjadi satu di dalamnya. “Melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih kepada para wisudawan/wisudawati atas perjuangannya selama ini,” ucapnya.

Sambutan Khusus Najwa Syihab

Acara yang berlangsung sejak pagi tersebut, mendapat sambutan khusus dari Najwa Syihab–Presenter Mata Najwa dan Publik Figur yang concern dalam berbagai isu menarik di tanah air. Najwa melalui video singkatnya menyampaikan ucapan selamat dan berharap seluruh mahasiswa IISBUD SareA selalu semangat dalam berjuang di tengah semua keterbatasan yang ada. Najwa menekankan bahwa ijazah adalah kertas yang harus terus diisi dan diperjuangkan. Video tersebut disambut tepuk tangan wisudawan yang seolah mendapat suntikan semangat dari Najwa.

Baca Juga  Komisi IV Pantau UN dan Serap Aspirasi

Selain itu acara wisuda kali ini IISBUD Sarea memberikan Anugerah Kebudayaan Tokoh Sastra di Tana’ Samawa. Anugerah Kebudayaan ini diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan atas seni dan budaya yang harus selalu hidup. Penganugerahan tersebut diserahkan kepada H. Dinullah Rayes, Sastrawan Nasional asli Sumbawa. Pak Din Rayes demikian Ia disapa secara khusus membacakan syair di depan seluruh wisudawan, orang tua wisudawan dan tamu undangan. (SR)

iklan bapenda