Sisihkan 450-an Peserta, Elang Muda UTS Juarai Kompetisi Wirausaha Muda NTB

oleh -23 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (27/11/2020)

Satu lagi prestasi membanggakan kembali diraih oleh Elang Muda UTS. Adalah Ilham Ariadi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTS angkatan 2017 berhasil keluar sebagai Juara 1 pada Lomba Wirausaha Muda NTB 2020 yang diadakan oleh ICSB (International Council for Small Business) NTB, Rabu (25/11/2020).

Sebelumnya ICSB NTB telah melakukan Roadshow Galang UKM NTB ke berbagai daerah, mulai dari Mataram, Lombok Timur, Sumbawa, dan Bima pada Oktober lalu untuk menjaring UKM/UMKM yang ada di NTB. Tercatat sebanyak 450 lebih peserta (Pelaku UKM/UMKM) se NTB mendaftar dalam kompetisi tersebut.

Proses seleksi tahap pertama menyisakan 200 peserta terbaik.
Selanjutnya, setelah melalui wawancara offline/online, dipilihlah 50 perserta terbaik. 50 peserta tersebut kemudian mengirimkan video profil usaha dan mengikuti coaching business oleh penyelenggara di Mataram. Peserta dikerucutkan menjadi 20 terbaik, dan akhirnya Top 3 berhak melakukan presentasi bisnis di depan para Juri ahli di bidang tersebut, dengan standar penilaian permasalahan seperti, prospek usaha, pencapaian usaha, dampak sosial, dan kearifan lokal.

Ilham sapaan akrabnya, mengaku tak menyangka bisa keluar sebagai pemenang lomba ini, karena kompetitor lainnya hebat-hebat dengan usaha yang digelutinya masing-masing. “Saya mengangkat bisnis/usaha di bidang kuliner yang fokus menjual produk untuk masyarakat menengah ke bawah, pelajar, atau mahasiswa yang saya beri nama ‘Terserah’. Usaha kuliner ini saya rintis terhitung sejak 2019 lalu,” tutur Ilham.

Baca Juga  Garuda Layani Penerbangan Sumbawa-Lombok Setiap Hari

Ilham mengatakan motivasi mengikuti lomba tersebut adalah untuk menambah ilmu dan mengembangkan bisnis. Ia berharap melalui ajang Lomba Wirausaha Muda ini dapat membangkitkan jiwa wirausaha para pemuda NTB lainnya, agar tetap semangat dan terus berkarya. “Kita UMKM maju, NTB gemilang,” cetusnya.

Diketahui, Ilham sudah tertarik dan menekuni dunia wirausaha sejak duduk di bangku sekolah menengah yakni pada tahun 2014.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D menyampaikan selamat dan apresiasi untuk Ilham yang berhasil menjuarai kompetisi ICSB NTB. “Ini merupakan kebanggaan tersendiri pastinya bagi Kampus, karena kali ini Elang Muda menjuarai kompetisi terkait kewirausahaan. UTS memang sangat mendukung tumbuhnya jiwa enterpreuner bagi para mahasiswa. Sebab, kedepan UKM/UMKM yang diisi oleh para Pemuda akan menjadi tiang penguat ekonomi bangsa,” tutup Chairul. (SR)

iklan bapenda