Tiga Kebijakan Talif-Sudir untuk Kaum Disabilitas

oleh -57 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (26/11/2020)

Debat Kedua Paslon Pilkada Sumbawa yang digelar KPU, Rabu (25/11/2020) malam, mengangkat empat tema utama. Yaitu membangun daya saing daerah melalui mutu pelayanan publik, pengelolaan energi pangan, infrastruktur dan investasi. Setelah Paslon Nursalam membeberkan strateginya terkait pelayanan listrik, Paslon Ir. Talifuddin M.Si—Sudirman SIP diminta untuk mengungkap strateginya dalam meningkatkan kapasitas kaum disabilitas baik terkait aspek pelayanan publik sekaligus kemandirian ekonomi.

Dipandu moderator Kanza Tamarindora dari CNN, Paslon bernomor urut 3 dengan visi Sumbawa Bersinar ini memberikan penjelasannya. Menurut Sudirman—Calon Wakil Bupati, Sudirman bahwa kondisi sekarang ini belum ditemukan di beberapa titik pelayanan pemerintah menyiapkan fasilitas yang ramah terhadap disabilitas termasuk toko dan loket-loket pelayanan. Ketika Paslon Talif Sudir ditakdirkan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2021—2024, ada tiga kebijakan yang akan dibuat sebagai bagian dari ikhtiar untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi kaum disabilitas.

Pertama, akan memetakan disabilitas secara by name by addres, untuk mengidentifikasi siapa dan keberadaan mereka sehingga memudahkan pemerintah memberikan pelayanan terbaik dan tepat sasaran. Kedua, mempersiapkan fasilitas pelayanan publik yang ramah terhadap kaum disabilitas. Ketiga, memberikan pelayanan terbaik melalui program misi Talif Sudir yaitu meningkatkan mutu hidup dan Sumbawa peduli terhadap disabilitas baik pada sektor pendidikan dan kesehatan. Termasuk pelayanan dinas kependudukan dengan cara proaktif memfasilitasi dan mendatangi kaum disabilitas. “Kami juga membuat sebuah inkubator sebagai ruang dan media untuk teman-teman disabilitas dalam mengembangkan potensi dan skill terhadap kemampuan mereka supaya mereka bisa mandiri secara ekonomi dan sosial,” tandasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  UU Negara Bangsa Yahudi Cermin Rasisme Israel