Ini Jenis Bantuan Korban Kebakaran Batu Rotok yang Diusulkan ke Kemensos

oleh -206 views

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (24/11/2020)

Korban bencana kebakaran Batu Rotok Kecamatan Batu Lanteh Kabupaten Sumbawa akan mendapatkan berbagai macam bantuan dari pemerintah. Untuk mengupayakan hal itu, Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa, bertolak ke Jakarta untuk mengajukan permohonan bantuan sosial tersebut ke Kementerian Sosial RI, Selasa (24/11/2020) hari ini. Ini dilakukan sebagai tindaklanjut hasil turun lapangan tim Kementerian Sosial ke Batu Rotok, 10 November lalu untuk melakukan pendataan dan pemetaan.

Kadis Sosial Kabupaten Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kabid Linjamsos, Mirajuddin ST, Senin (23/11) mengakui bahwa Pemda Sumbaa melalui Disos sedang mengajukan permohonan kepada Kemensos terkait bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat korban kebakaran di Batu Rotok. Di antaranya BBR (Bahan Bangunan Rumah) berupa pemberian uang Rp 25 juta per rumah, jaminan hidup (Jadup) yang sesuai ketentuan Rp 10 ribu/hari/jiwa selama 30 hari dan bisa diperpanjang sampai 90 hari. Bantuan lainnya adalah Usaha Ekonomi Produktif (UEP) berupa bantuan modal usaha bagi korban yang memiliki usaha. Nilainya Rp 5 juta per kepala keluarga (KK). Ada juga bantuan isi hunian tetap yang diberikan ketika korban kebakaran ini sudah membangun rumahnya. Namun untuk kongkrit dan bentuk isi hunian ini belum diketahui. “Kami berangkat Selasa besok (hari ini, Red) mengajukan langsung permohonan Bupati Sumbawa untuk bantuan sosial korban kebakaran Batu Rotok ke Menteri Sosial di Jakarta,” kata Raju—akrab pejabat ini disapa.

Baca Juga  Kementerian LHK: Potensi Madu di Sumbawa Cukup Besar, Tapi....

Untuk diketahui, ungkap Raju, berdasarkan data musibah kebakaran di Batu Rotok yang terjadi 7 November 2020, tercatat 71 rumah rusak berat yang dihuni 87 KK (274 jiwa), 11 rumah rusak ringan dengan 13 KK terdiri dari 38 jiwa. Sedangkan usaha 17 KK berupa perkiosan, bakulan, pertukangan dan usaha fotografi. Ia berharap permohonan tersebut segera terealisasi sehingga korban kebakaran dapat kembali membangun rumahnya dan menata hidupnya. (SR)

iklan bapenda