Mo—Novi Programkan Insentif GTT/PTT 10 Milyar Per Tahun

oleh -67 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (22/11/2020)

Selain kesehatan, hak dasar masyarakat lainnya adalah pendidikan. Salah satu upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa adalah melalui pendidikan. Karena itu Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah—Dewi Noviany S.Pd., M.Pd (Mo-Novi) sangat konsen dengan pengembangan pendidikan di Kabupaten Sumbawa. Untuk mengembangkan pendidikan Mo—Novi telah menuangkan dalam salah satu agenda kerja yaitu mewujudkan Sumbawa sehat dan cerdas.

Kongkrit dari agenda ini seperti yang diungkapkan Calon Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, adalah memberikan bantuan bagi perguruan tinggi lokal minimal Rp 1 Milyar per tahun. Menurutnya, peranan pemerintah daerah dalam membangun SDM adalah suatu tugas wajib. Maka dengan keberadaan perguruan tinggi (PT) sangat membantu program pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat. Tentunya PT sebagai parner pemerintah. Di Kabupaten Sumbawa jumlah PT ada 7 yaitu 6 di bawah Kemendikbud dan 1 di bawah nauangan Kemenag. Namun sampai saat ini perhatian pemerintah daerah masih kurang, khusus dalam membantu mengembangkan mutu PT. Karena itu melalui program pemberian bantuan ke PT dapat membantu pemerintah dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dan berintegritas guna berdaya saing.

Selain PT, sambung Novi—sapaan Cawabud nomor urut 4 ini, bantuan pendidikan juga diberikan untuk sekolah swasta (TK/SD/SMP) sebesar Rp 1 Milyar/Tahun. Bantuan ini diberikan dalam rangka meningkatkan IPM serta APM dan APK TK, SD dan SMP. Tidak hanya institusi pendidikannya, guru GTT/PTT PAUD, PAUD HI, TK, SD dan SMP juga mendapat perhatian Mo—Novi. Insentif yang akan diberikan sebesar Rp 10 milyar/tahun. Pemberian penambahan insentif yang lebih besar dari tahun sebelumnya tersebut, diperlukan untuk peningkatan kesejahteraan guru GTT/PTT PAUD, PAUD HI, TK, SD dan SMP yang berjumlah 2.807 orang. Pelajar juga demikian. Mo—Novi memberikan insentif bagi pelajar SD, SMP, SMA/SMK yang berprestasi di tingkat regional, nasional maupun internasional. “Untuk memberi ruang dan tempat bagi siswa berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, serta sebagai apresiasi dan motivasi sehingga prestasinya lebih meningkat lagi, Pemkab akan memberikan penghargaan, salah satunya dalam bentuk insentif,” ujar wanita yang berlatar belakang pendidik ini.

Baca Juga  Caleg Golkar Diisukan Ditangkap Polisi

Perhatian yang sama juga diberikan kepada TPQ atau Bale Ngaji dan hukum masjid. Mo-Novi dalam agenda kerja Sumbawa Sehat dan Cerdasnya, mengalokasikan Rp 1 milyar per tahun bagi peningkatan insentif TPQ/Bale Ngaji atau Hukum Masjid tersebut. Peningkatan insentif ini merupakan merupakan bentuk penghargaan terhadap tempat ibadah yang dengan sukarela mendidik sekaligus menanamkan dasar-dasar Islam kepada generasi penerus bangsa di Kabupaten Sumbawa. (SR)

iklan bapenda