Elang Muda UTS Juara Kompetisi Duta Wisata Indonesia 2021

oleh -62 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (9 November 2021)

Tradisi prestasi baik kampus, dosen maupun mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), terus dipertahankan. Dalam berbagai event yang diikuti UTS selalu membuahkan hasil membanggakan. Kali ini kebanggaan itu datang dari Akbar Ramadhan.

Mahasiswa UTS Fakultas Psikologi ini berhasil meraih prestasi sebagai Wakil 1 (Runner Up) Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2021 pada malam Grand Final di Gedung Teater, Taman Budaya Kota Mataram, 7 November lalu. Akbar mewakili Sumbawa dan NTB bersama Ratu Balqis Islamy Tamal.

Ajang nasional itu digelar Asosiasi Duta Wisata Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Kegiatan yang dilaksanakan di Lombok-NTB ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing provinsi se Indonesia.

Sebelumnya para finalis Duta Wisata Indonesia telah mengikuti serangkaian proses karantina dan penilaian dalam beberapa tahap mulai dari tes tulis, interview, sikap sehari-hari, hingga tanya jawab akhir di babak final.

Baca Juga  SDN 2 Sumbawa Sodorkan Surat Pernyataan Resahkan Wali Murid

Selain melewati proses penilaian, juga dilaksanakan kegiatan lainnya selama karantina berupa kunjungan ke tempat-tempat wisata di Kota Mataram seperti Taman Mayura, Museum NTB, Islamic Center dan pusat perbelanjaan kerajinan NTB.

Para finalis juga berkesempatan mengunjungi Desa Wisata Bon Jeruk dan Bilebante di Kabupaten Lombok Tengah setelah mendatangi lokasi Mandalika. Pada saat malam Grand Final, Akbar tampil memukau dengan baju adat yang dikenakan. Para finalis juga diminta untuk merepresentasikan setiap baju adat yang mereka pakai.

Akbar yang dihubungi, menyampaikan rasa bangga dan haru atas prestasinya kali ini, karena dapat mengharumkan nama NTB di kancah nasional. “Duta Wisata ini menurut saya merupakan salah satu ajang yang pada saat pembekalan, materinya sangat kompleks. Namun tentunya hal tersebut sangat penting untuk membuka wawasan saya terkait kepariwisataan. Memiliki kesempatan menjadi wakil NTB di ajang ini adalah hal yang sangat berkesan bagi saya,” tuturnya.

Baca Juga  UN SMP/MTs di Sumbawa Lulus 100 Persen

Ia juga merasa bangga karena dapat beradu bakat dan potensi diri dengan teman-teman lainnya dari seluruh provinsi se Indonesia. Karenanya ia sangat bersyukur, berkat dukungan dan doa berbagai pihak akhirnya berhasil meraih posisi Wakil 1 Duta Wisata Indonesia 2021 ini.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D juga turut bangga dan menyampaikan ucapan selamat kepada Akbar. “Selamat kepada Akbar yang telah berhasil sampai sejauh ini, dalam mengharumkan nama daerah. Kita tahu, tujuan baik dari terselenggaranya kegiatan bergengsi Duta Wisata Indonesia ini, adalah untuk melestarikan budaya sekaligus potensi, bakat, kreativitas, kecerdasan para generasi muda untuk menjadi figur yang dapat berperan dalam menjalankan promosi kekayaan seni, dan budaya yang ada di daerahnya melalui pariwisata,” kata Chairul—sapaan Rektor muda ini.

Kedepan Rektor berharap Akbar dan juga elang-elang muda lainnya mampu memberikan kontribusi dan prestasi untuk memajukan daerah dan juga negara. (SR)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *