Lowong, Kades Poto dan Rhee akan di-PAW

oleh -571 views
Kadis PMD Sumbawa, Varian Bintoro S.Sos
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (19/11/2020)

Saat ini jabatan dua kepala desa di Kabupaten Sumbawa lowong. Yaitu Desa Rhee Kecamatan Rhee, dan Desa Poto Kecamatan Moyo Utara. Untuk Desa Rhee ditinggal Kadesnya Halidi yang mengundurkan diri pada 3 November 2020. Sebelumnya Halidi dilantik Tahun 2018 lalu. Demikian Kepala Desa Poto, Sirajuddin Kantari meninggal dunia belum lama ini. Sirajuddin dilantik bersama 118 kades terpilih hasil Pilkades serentak, April 2020 lalu.

amdal

Untuk mengisi jabatan yang lowong ini, akan dilaksanakan Pemilihan Antar Waktu (PAW) Kepala Desa. “Sesuai aturan maka Desa Poto dan Desa Rhee ini akan melakukan PAW Kades,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro, S.Sos., M.Si, Rabu (18/11) kemarin.

Sebelum proses PAW ini dilaksanakan kata Varian, akan ditunjuk Penjabat Kades dari unsur pemerintah kecamatan setempat. Penjabat ini bertugas mempersiapkan proses PAW nantinya. “Kalau Desa Rhee, Penjabatnya sudah ditunjuk. Desa Poto-nya belum. Camatnya harus buat surat ke Bupati Sumbawa untuk mengusulkan Penjabat kadesnya. Tugas-tugas harian sementara ini dihandel dulu oleh Sekdes Poto,” jelasnya.

Calon yang tidak terpilih pada saat dilakukan Pilkades di dua desa tersebut, lanjut Varian, boleh mendaftarkan diri untuk mengikuti proses PAW ini. Jumlah kandidatnya maksimal 3 orang. Ketika lebih dari jumlah itu akan dilaksanakan seleksi tambahan. Mekanisme pemilihan dalam PAW dilakukan dengan cara musyawarah perwakilan atau bisa dengan pemilihan langsung. Itu tergantung kesepakatan panitia. Tidak semua masyarakat yang memiliki hak suara bisa memilih. Unsur pemilih dalam PAW terang Varian Bintoro, terdiri atas perwakilan tokoh masyarakat di desa bersangkutan. Baik itu tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pertanian termasuk tokoh perlindungan anak dan perempuan. Itupun harus memiliki legalitas. (SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Surati Timses, Panwas Ultimatum Copot APK Pasangan Calon