Lestarikan Laut, HMPS MSP UNSA Tanam 2.020 Mangrove

oleh -148 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (19/11/2020)

Desa Sepayung Kecamatan Plampang menjadi salah satu lokasi mahasiswa Fakultas Peternakan dan Perikanan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Universitas Samawa (UNSA) melaksanakan program pelestarian lingkungan perairan. Dengan menggandeng Pokdarwis Desa Sepayung, mahasiswa tersebut menanam 2020 bibit mangrove. Penanaman pohon mangrove jenis Rhizophora ini bertema “Rehabilitasi Mangrove Sebagai Upaya Mendukung Teluk Saleh Sebagai Biosfer Dunia”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 15 November lalu dihadiri 125 peserta terdiri dari mahasiswa MSP UNSA, Pokdarwis Payung Alam Desa Sepayung, Karang Taruna Desa Sepayung, Karang Taruna Kembang Sari, Karang Taruna Bonek Sumbawa, serta Perwakilah Dinas Kehutanan Desa Sepayung. “Kami melakukan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan perairan khususnya daerah pesisir. Selain itu upaya untuk mendukung Teluk Saleh sebagai biosfer dunia, maupun wahana edukasi bagi mahasiswa,” jelas Pembina HMPS MSP UNSA, Suleman, S.St.Pi., MP.

Penanaman mangrove di daerah pesisir ini bertujuan untuk mengatasi abrasi. Rehabilitasi hutan mangrove untuk menambah tutupan lahan guna mencegah banjir dan longsor, kekeringan dan kebakaran. Juga sebagai konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbon dioksida di atmosfer, serta antisipasi dalam memenuhi ketersediaan energi. “Kegiatan penanaman pohon mangrove bukan hanya untuk menangani bencana, akan tetapi untuk menjadikan salah satu potensi wisata khususnya daerah pesisir Desa Sepayung. Semakin banyak penanaman yang dilakukan maka hutan mangrove dapat menghiasi pemandangan yang ada di pantai,” tutur Johan, Anggota Karang Taruna Desa Sepayung.

Baca Juga  Siswa SDIT Samawa Cendekia Panen Jagung

Sementara Babinsa Sepayung, Anasrullah mengatakan penanaman itu mudah namun yang berat itu menjaga atau memelihara pasca penanaman. “Kami menyampaikan apresiasinya dan dukungan luar biasa atas partisipasi mahasiswa MSP UNSA dalam mendukung Teluk Saleh sebagai biosfer dunia,” timpal Ketua Pokdarwis Payung Alam Desa Sepayung, Burhanuddin. (SR)

 

iklan bapenda