Dana Desa Tahap III Sudah Ditransfer ke Kas Desa

oleh -134 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (19/11/2020)

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) PMK 50 untuk Bulan Juli, Agustus dan September 2020, bakal tuntas November ini. Sebab, sudah ada 81 desa yang dana desa tahap III sudah ditransfer ke kas desa. Sementara 76 desa lainnya, penyaluran dana desa tahap III dengan total Rp 29 miliar, sedang dalam proses dan ditargetkan selesai bulan ini.

Seperti diketahui sampai 5 November lalu, baru 94 dari total 157 desa yang sudah menyalurkan BLT-DD tahap IV untuk Juli. Tahap V untuk Bulan Agustus baru 67 desa (42,7 persen). Sedangkan tahap VI Bulan September, baru 34 desa atau 21,7 persen. “Alhamdulillah Dana Desa tahap III sudah cair. Desa yang belum menuntaskan penyaluran PMK 50, kita harapkan dapat diselesaikan bulan ini juga,” pinta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa melalui Kasi Pengelolaan Keuangan Desa, Ibrahim SE., M.Ak.

Ibrahim yang ditemui Rabu (18/11), menyakini proses penyaluran PMK 50 ini bakal rampung pada November 2020. Pasalnya Dana Desa tahap III yang juga digunakan untuk PMK 50, proses transfer ke semua kas desa ditargetkan tuntas dalam bulan ini.

Terkait dengan kelanjutan penyaluran BLT DD untuk Bulan Oktober, November dan Desember sebesar Rp 300.00/bulan, Ibrahim menyebutkan sudah ada beberapa desa yang menyatakan kesanggupannya untuk menyalurkannya ke keluarga penerima manfaat. “Sejauh ini baru 5 desa yang mengatakan sudah sanggup. Desa-desa ini mengaku masih punya sisa anggaran dana desa untuk belanja BLT,” pungkasnya. (SR)

iklan bapenda
Baca Juga  PJTKI Minta Jaminan Uang, 3 CPMI Asal Sumbawa Tertahan di Penampungan