Jadwalnya Diundur, KPU Sumbawa Gelar Debat Publik II pada Malam Hari

oleh -160 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (11/11/2020)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa memastikan bahwa Debat Publik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa yang sedianya digelar 18 November 2020, diundur. Rencananya, debat tersebut akan dilaksanakan pada 25 November mendatang. Ada beberapa alasan debat public ini diundur.

amdal

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, M. Wildan M.Pd menyebutkan diundurnya debat public ini karena bertepatan dengan jadwal cetak kertas suara. Karena berdasarkan PKPU No. 8 Tahun 2020, komisioner KPU berkewajiban mengawal proses cetak kertas suara. “Kami harus hadir secara fisik di lokasi percetakan untuk mengawal proses percetakan surat suara di Jember,” kata Wildan yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/11/2020).

Selain bertepatan dengan cetak surat suara, Wildan juga mengemukakan alasan lainnya, yaitu menyesuaikan jadwal pelaksanaan debat dengan kesiapan dari lembaga penyiaran publik. KPU juga banyak menerima masukan agar debat diundur. Karena debat yang digelar lebih awal dikhawatirkan berimbas terhadap tingkat partisipasi publik dalam menyaksikan debat. ”Jadwal debat kita tetapkan terlalu dini,” katanya.

Debat putaran kedua ini ungkap Wildan, maish tetap dilaksanakan di Aula Hotel Sernu Raya. Hanya waktunya yang dirubah. Jika Debat pertama dilaksanakan pagi hingga sore hari, kini debat kedua dilaksanakan pada malam hari. Secara umum, teknis pelaksanaan debat masih sama. Hanya moderatornya diganti dari laki-laki ke perempuan dan jumlah panelisnya pun ditambah dari 5 menjadi 6 orang. “Lima orang panelis pada debat pertama masih dipakai pada debat kedua ini, hanya tambah satu orang dari UNRAM, sehingga totalnya 6 orang,” sebut Wildan.

Baca Juga  Pembawa Baki Kepleset, Upacara HUT RI di KSB Dinilai Sukses

Terkait dengan insiden larangan terhadap wartawan yang meliput langsung debat public paslon pada Debat Pertama, Wildan menyatakan tidak akan terulang di debat kedua ini. Insiden kemarin sudah dievaluasi. Nantinya wartawan tetap diizinkan masuk ke lokasi debat, namun harus lebih awal dan tidak lagi diperkenankan keluar ruangan hingga acara selesai.

Mengenai tema dan desain debat, Wildan mengaku akan dibicarakan dalam rapat dengan perwakilan tim sukses pasangan calon di Kantor KPU, Rabu (11/11) sore ini. KPU akan menyampaikan secara garis besar untuk selanjutnya disampaikan tim sukses kepada paslonnya masing-masing. (JEN/SR)

iklan bapenda