Tahun ini, Peternak di KSB Dapat Bantuan 24 Ribu Ayam Petelur Plus Pakan

oleh -24 views
bankntb

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (4/11/2020)

Bantuan ayam petelur untuk masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada Tahun 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun ini situasinya berbeda karena berada di tengah pandemic Covid-19.

Ditemui samawarea.com, Selasa (3/11/2020), Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian KSB,  Jamilatun S.Pt, mengakui di masa pandemi ini bantuan ayam petelur tahun ini sedikit berbeda. Jika tahun sebelumnya bantuan hanya ayam petelurnya, kini kelompok penerima bantuan akan diberikan lengkap dengan pakannya. Bahkan umur ayam yang diberikan adalah yang siap bertelur. Bantuan yang cukup lengkap ini, ungkap Jamilatun, berdasarkan hasil evaluasi turun lapangan di semua kelompok. Rata-rata kendala yang mereka hadapi dalam beternak ayam petelur adalah pakannya. Mereka sangat kesulitan membeli pakan sebelum ayam tersebut bertelur karena tidak ada pemasukan. Tumbuh kembang ayampun tidak maksimal bahkan ada yang mati karena kekurangan pakan. Apalagi saat ini masa pandemic, semua orang merasakan dampaknya secara ekonomi. “Makanya kami di dinas sepakat untuk memberikan bantuan pada tahun ini lengkap dengan pakannya,” ujarnya.

Bantuan pakan tersebut lanjut Jamilatun, diberikan sampai ayamnya bertelur. Jika dihitung dari umur ayam petelur yang diberikan dinas, ada selisih waktu satu bulan sampai ayam tersebut menghasilkan. Selama sebulan itulah diberikan bantuan pakan. Untuk diketahui, pemberian bantuan pakan bukan hanya untuk kelompok yang menerima bantuan Tahun 2020 melainkan kepada semua peternak ayam petelur binaan dinas. Langkah ini dilakukan untuk terus memenuhi kebutuhan telur untuk masyarakat KSB. Pasalnya, sampai saat ini KSB hanya mampu memenuhi kebutuhan telur masyarakatnya sekitar 35 persen dengan hasil pertahun sekitar 5 juta butir telur. Sementara kebutuhan masyarakat KSB sekitar 20-an juta butir telur per tahun. Ini dihitung dari 1.400 jiwa masyarakat KSB, belum termasuk untuk berbagai usaha. Karena itu pihaknya terus membangkitkan semangat usaha masyarakat KSB untuk beternak ayam melalui bantuan stimulus dan bimbingan di lapangan.

Baca Juga  BAZNAS KSB Belum Capai Target 100 Juta/Bulan

Tahun 2020 ini, pihaknya memberikan bantuan 24 ribu ayam petelur siap produksi. Prosesnya masih ditender. Dengan adanya bantuan 24 ribu ekor, Ia memastikan produksi telur untuk kebutuhan masyarakat KSB berada di angka 46 persen dengan asumsi ayam berproduksi normal di angka 80 persen. Selain dari kabupaten, Jamilatun mengaku ada juga bantuan ayam petelur dari provinsi untuk masyarakat KSB. Bantuan Pemprov ini akan menambah persentasi pemenuhan kebutuhan masyarakat. “Kami bertekad pemenuhan kebutuhan telur masyarakat KSB bisa dipenuhi 100 persen oleh petenak lokal,” tutupnya. (HEN/SR)

iklan bapenda