Ciptakan Permen Penangkal Covid, Pelajar SMPN 1 Sumbawa Raih Juara

oleh -951 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (4/11/2020)

Pandemic Covid tidak menjadi penghalang untuk berkreasi. Bahkan di tengah wabah tersebut orang semakin produktif. Seperti yang dilakukan pelajar SMP Negeri 1 Sumbawa, Salsabila Fitria Khairizahrah dan Sultan Adiyatma. Keduanya berhasil membuat ramuan yang mampu menambah kekebalan tubuh atau penangkal Covid-19. Penemuan pelajar dari sekolah favorit ini sudah mendapat pengakuan dengan meraih juara pertama pada Lomba Inovasi Daerah Bidang Teknologi IV yang dilaksanakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan Sumbawa Techno Park (STP) dan Dewan Riset Daerah, 27 Oktober 2020 lalu. Penemuan berjudul Healthy Candy (Permen Sehat) ini, mendapat juara pertama untuk Bidang Riset.

amdal

Salsabila dan Sultan Adiyatma menuturkan, permen yang dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh selama masa pandemi tersebut terbuat dari sayur mayur. Yakni Wortel, Kelor dan Tomat. Permen sehat ini dapat dijadikan cemilan dan bisa dikonsumsi setiap hari, terutama selama masa pandemi. Kedua pelajar kelas IX 7 ini sengaja mendesain sayur-sayuran itu dalam bentuk permen. Ini lantaran mereka sering melihat anak-anak kecil tidak terlalu suka sayuran. “Alhamdulillah, setelah kita buat seperti permen, anak-anak kecil tadi jadi suka. Orang dewasa pun juga sama,” kata Salsabila yang diiyakan Sultan.

Untuk proses pembuatan, permen sehat ini tidak membutuhkan waktu lama hanya 30 menit. Proses pengering yang memakan waktu cukup lama hingga tiga hari lamanya. Sebab hanya mengandalkan cahaya matahari. “Ada keinginan kita untuk memproduksi permen sehat ini dalam jumlah banyak. Tapi kita cari dulu sertifikat halalnya,” kata Guru Pembimbing, Anggun Widian Rana, yang ikut mendampingi Salsabila dan Sultan Adiyatma.

Baca Juga  Melawan Covid 19, IISBUD SAREA Edukasi Masyarakat Melalui Seni Sakeco

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Sumbawa, A Rahman Semba, S.Pd, mengaku bangga atas hasil penemuan kedua pelajarnya ini. Ia berharap, permen sehat ini dapat menjadi penangkal selama masa pandemi Covid-19. (SR)

iklan bapenda