BEM Fapetkan UNSA Beri Bantuan KJA ke Nelayan Batu Bangka

oleh -56 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (4/11/2020)

Program Holistik Pembinaan dan Pengembangan Desa (PHP2D) merupakan hibah kompetitif nasional. Program ini berhasil diperoleh tim dari BEM Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Samawa (UNSA) setelah menyisihkan ribuan proposal dari seluruh Indonesia. Program PHP2D tersebut diberi judul EKO-KJA: Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Keramba Jaring Apung di Dusun Prajak Desa Batu Bangka. Tim tersebut diketuai oleh Febri Jumati Hasani dengan anggota yaitu Agum Rhismanda, Marsela, Eka Putri Septiani, Mega Silvia, Eva Parastuti, Faisal Afriansyah, Deny Purnama, Sahril Sanjaya dan Sopan Sopian.

Dwi Mardhia M.Sc selaku Dosen Pembimbing mengungkapkan bahwa EKO-KJA merupakan program ekowisata yang lebih menekankan pada pelestarian sumberdaya ikan melalui budidaya ikan di laut (Marine aquaculture). Tujuan Eko-KJA adalah menjaga kelestarian sumberdaya laut, meningkatkan pengembangan pariwisata dan membantu perekonomian nelayan. Bagi tim pelaksana PHP2D, diharapkan dari program ini dapat menumbuhkan rasa peduli mahasiswa dan berkonstribusi kepada masyarakat agar terbangunnya desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Pelaksanaan kegiatan PHP2D dimulai sejak Agustus 2020 hingga 26 September 2020, tim PHP2D UNSA telah melakukan kegiatan pelatihan sekaligus peresmian EKO-KJA. Kegiatan ini menghadirkan Kabid Budidaya DKP Kabupaten Sumbawa, Rahmat Hidayat. “Program ini sangat membantu pemerintah dalam mengembangkan usaha budidaya laut. Kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh tim PHP2D UNSA,” kata Rahmat Hidayat seraya berharap antara pemerintah dan tim UNSA akan semakin bersinergi untuk menjaga keberlanjutan program.

Baca Juga  Dukung Rumah Bibit, Rumah Zakat Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos

Setelah KJA selesai dibuat dan ditempatkan di laut, tim memberikan pembekalan pengetahuan kepada mitra dalam hal ini Pokdarwis Bunga Karang, mengenai langkah-langkah budidaya berbasis keramba jaring apung. Mitra juga diberikan buku panduan sehingga menambah pengetahuan mereka terkait EKO KJA.

Kades Batu Bangka, H. Abdul Wahab menyampaikan apresiasi dan dukungan luar biasa atas dedikasi tim PHP2D UNSA dalam mewujudkan Dusun Prajak Desa Batu Bangka sebagai desa binaan yang aktif, mandiri, dan sejahtera. Menurutnya, Sinergitas antara perguruan tinggi dan pemerintah desa sangat dibutuhkan untuk menyukseskan pembangunan desa. (SR)

iklan bapenda